Untitled-9Hari masih sangat pagi, pukul 05.00 WIB. Tetapi Pangdam XVI Patimura Mayjen TNI Doni Monardo sudah aktif berkirim pesan via WhatsApp (WA). Waaah, gerakan menanam pohonn­ya makin seru, makin ramai ya,’’ begitu isi WA sang pendiri Paguyuban Budiasih ini.

ALFIAN MUJANI
[email protected]

Mantan Danrem 061 Suryakencana Bogor ini rupanya mengikuti kegiatan Bogor Hejo, gerakan tanam pohon untuk menyelamatkan air dan udara yang di­motori Surat Kabar Harian Bogor Today, Alumni Fahutan 28 dan RAPI Kota Bogor melalui www.bogor-today.com dan share hasil liputan kegiatan via WA.

Sejak masih di kesatuan baret merah Kopassus, Doni memang sudah giat melakukan penanaman pohon. Bahkan, Doni sangat fasih menghafal nama-nama pohon. Salah satu pohon yang identik dengan Doni adalah trembesi alias pohon kihujan. Doni memang dulunya aktif melakukan pem­bibitan pohon trembesi. Saking aktifnya dia mendapat julukan Doni Trembesi.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 20 April 2024

Ketika menjabat Danpaspampres, Doni mendirikan Paguyuban Budiasih yang mengkhususkan diri pada pembibitan aneka jenis pohon keras dan pohon buah. Ada jutaan pohon yang sudah dise­bar ke masyarakat dari pusat pembibitan Paguyuban Budiasih di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor. Paguyuban yang kini dipimpin Kolonel Rio Firdiyanto, kian giat melakukan pembibitan.

Doni mengaku senang bibit-bibit po­hon buah disemainya di pusat pembibitan Paguyuban Budiasih dimanfaatkan masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor un­tuk menghijauka kembali lingkungannya. Dia berharap, Gerakan Bogor Hejo ini terus bergulir hingga menginspirasi masyarakat di seluruh Indonesia untuk ikut giat nena­nam pohon demi mewujudkan kembali lingkungan yang hijau, sejuk, dan sehat.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 18 April 2024

‘’Jangan berhenti menanam. Paguyuban Budiasih akan terus mendukung gerakan ini. Jika memerlukan bibit pohon baik pohon buah maupun pohon tana­man keras, silakan ambil di pusat pem­bibitan Budiasih,’’ pesan Doni, kali ini via telepon.

Bahkan Doni menganjurkan SKH Bogor Today agar mengkoordinir anak-anak sekolah untuk berkunjung ke pusat pembibitan milik Paguyuban Budiasih di daerah Kadu Manggu, Sentul Sirkuit, Ka­bupaten Bogor. (*)

============================================================
============================================================
============================================================