wcf-toyota-vira-concept-is-a-real-yaris-rav4-mashup-toyota-vira-conceptKENDARAAN konsep terbaru Toyota di pameran Tokyo Auto Salon 2016 adalah crossover. Mobil masa depan Toyota itu bernama ViRA, yang merupakan hasil gabungan antara Yaris dan RAV4.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Dalam keterangan resmi Toyota, seperti dilansir laman Worldcar­fans, model kon­sep tersebut malah tidak ter­lihat seperti hasil perkawinan silang antara Yaris dan RAV4. Desainnya jadi lebih unik, ramping dan menggambarkan crossover yang sporty.

Bentuk grill dan bem­per dibuat menyatu, lampu utama bagian depan memi­liki ukuran cukup besar dan sangat sporty. Pelek dan ban dibuat besar, bahkan hingga ke cakram dan kaliper.

Bahkan, disebutkan kalau ViRA ini akan menjadi cross­over kupe Toyota di masa depan. Spesifikasi teknisnya tidak disebutkan, tapi mod­el konsep ini akan dibekali teknologi canggih dan ter­kini.

Meski bodinya terlihat cuk­up besar, tetapi ViRA ini hanya memiliki konfigurasi tempat duduk 2 +2. Bahkan, sektor jan­tung pacunya dikabarkan akan menggunakan tenaga listrik se­bagai motor penggerak.

Secara realistis, menurut Toyota seperti dikutip Autogu­ide, konsep anyar ini ingin me­nyandingkan sisi serba guna dari sebuah crossover (RAV4) dengan bodi ringkas dan dina­mis dari Yaris. Tentunya kon­sep ini dirancang Toyota untuk menyasar kalangan muda.

Konsep ini dinilai cukup menarik karena dari sisi de­sain tak mirip dengan model Toyota apapun yang beredar saat ini. Tapi itu memang tu­juan dari kehadiranya di ajang Tokyo Auto Salon, yang nota­bene sebagai tempat untuk memamerkan kendaraan kon­sep berdesain ‘liar’

ang menggarap konsep ini adalah Toyota Industries Corpo­ration, perusahaan yang mendapatkan kontrak dari Toyota untuk membuat Yaris dan RAV4. Toyota Industries Corporation juga berperan dalam memproduksi berbagai jenis mesin yang dipakai jajaran model Toyota saat ini.

(/net)

============================================================
============================================================
============================================================