drum-bandBOGOR, TODAY – Sebagian orang masih awan jika ada cabang olahraga drum band. Tapi, kenyataan­nya, drum band menjadi salah satu yang dipertand­ingkan dalam PON XIX/2016 Jawa Barat.

Ketua Pengurus Cabang Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Bogor, Irwanto mengatakan, kebanyakan orang mengira drum band hanyalah se­buah kesenian dan bukan olahraga.

“Drum band merupakan perpaduan seni dan olahraga, dimana penonton dapat menikmati sugu­han alunan musikalitas berpadu keterampilan baris-berbaris para pemainnya,” ujar Irwanto kepada Bo­gor Today, Minggu (17/1/2016).

Ia bersama PDBI pun kini giat mensosialisasikan cabang olahraga drum band kepada masyarakat agar makin popular.

BACA JUGA :  Hasil Leg Pertama Perempat Final Liga Europa, Jumat 12 April 2024

“Saya dan para pengurus PDBI terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar cabor drum band dapat diterima lebih banyak lagi oleh masyarakat khususnya di Kota Bogor,” lanjutnya.

Rupanya drum band sejak lama telah menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk dalam agenda Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Namun, lantaran pemintanya sedikit dan mahal, drum band sempat dihapuskan dari keg­iatan olahraga multi event.

Langkah yang diambil oleh para pengcab PDBI terkait hal itu dengan cara memperbanyak perlom­baan-perlombaan drum band di Kota Bogor.

BACA JUGA :  Kcewa dengan Wasit, STY Sebut Laga Timnas Indonesia vs Qatar Seperti PertunjukanKomedi

“Salah satu perlombaan drum band akan dilak­sanakan tanggal 21-22 Februari 2016 nanti. Nama acaranya ‘Bogor Marching Band Festival’ (BMB FEST) di lapangan IPB Baranangsiang. Ini merupakan salah satu bentuk dari sosialisasi PDBI kepada masyara­kat,” tambahnya.

Menurutnya ‘MMB Fest’ yang akan di gelar merupakan kejuaraan marching band terbuka tingkat nasional dan sesuai dengan agenda PDBI Kota Bogor. Acara ini telah mendapatkan dukungan penuh dari World Association of Marching Show Bands (WAMSB).

(Abdul Kadir Basalamah)

============================================================
============================================================
============================================================