Untitled-3BOGOR TODAY – Estimasi luas bi­dang untuk pembangunan Tol BORR tahap 2B sepanjang 2,6 Km secara keseluruhan membutuhkan lahan kurang lebih 5 hektar, 42 bidang di Kelurahan Kedung Badak, 80 bidang di Kelurahan kedung Jaya dan 48 bi­dang di Kelurahan Cibadak.

Hal tersebut diungkap­kan Camat Tanah Sareal Taufik usai mensosialisasikan pembangunan Tol BORR tahap 2B di aula kantor Kelura­han Cibadak, Sabtu (23/1/2016).

Untuk seksi pertama, sam­bung Taufik, pembangunan dimulai dari depan rumah makan Saung Kur­ing Kedung Badak sampai simpang Jasmine. “Terkait pembangunan ini kami sudah sosialisasikan kepada warga masyarakat di kelurahan Ke­dung Badak dan Kedung Jaya yang dilanjutkan dengan pengukuran ta­nah beberapa waktu lalu,” ungkap Taufik. “Sekarang kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat Ciba­dak dan pengukuran tanahnya akan dilakukan pada hari Senin,” lanjut­nya.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jember, 2 Motor Adu Banteng Tewaskan 2 Orang, 2 Kritis

Dijelaskan Taufik, untuk pengukuran tanah dilakukan dengan penarikan dari median tengah sam­pai ke titik samping kanan kiri den­gan perkiraan lebar antara 7 sampai 20 meter dan maksimal 25 meter. “Untuk di kelurahan Cibadak yang paling banyak di kisaran 25 meter,” kata Taufik. “Kami berharap pada pengukuran nanti warga pemilik tanah bisa hadir menyaksikan lang­sung,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Halmahera Barat Maluku Utara Diguncang Gempa Bumi M 3,3

Hasil dari pengukuran yang dilakukan pihak Kementerian PU yang didampingi Kapolsek dan Dan­ramil selanjutnya diserahkan ke BPN untuk dibuatkan peta rincikan. Pihak BPN kemudian akan melakukan pen­gukuran berdasarkan data-data yang telah diinventarisasi oleh Kemen­terian PU. Setelah terdata barulah dibuat ketetapan peta rincikan untuk selanjutnya diajukan penilaian oleh tim apresial berapa nilai-nilai bidang tanah di masing-masing 3 Kelurahan.

Taufik menambahkan, proses ini diharapkan selesai dalam waktu 6 bulan sehingga bulan Juli pembebasan lahan sudah selesai dan akhir tahun 2016 bisa dilaksanakan pengerjaan konstruksi.

(Yuska Apitya/*)

============================================================
============================================================
============================================================