Untitled-3DEMI menumbuhkan serta menanamkan jiwa kesada­ran, dan pentingnya menjaga kelestraian lingkungan alam sekitar, SMKN 1 Bogor mengadakan event Protect Our Planet (P.O.P), Rabu (6/1/2016).

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Kegiatan edukasi outdoor Protect Our Planet yang diselenggarakan di lapan­gan sekolah ini, turut juga melibatkan seluruh warga SMKN 1 Bogor. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu, dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Edgar Suratman yang merupakan Alumni SMKN 1 Bogor angkatan 1976.

“Saya sangat bangga karena dulunya meru­pakan siswa di sini, dan kini bisa berdiri lagi di SMKN 1 Bogor. Terlebih juga dengan adanya ke­giatan Protect Our Planet yang sejalan dengan visi, dan misi program Dinas Pendidikan Kota Bogor yakni, ‘Ngabogor Hejo’ dan ‘Ngabogor Bo­das’ dan itu sangat inspiratif,” ucapnya.

Kegiatan Protect Our Planet ini dibagi men­jadi beberapa acara, mulai dari seminar tentang lingkungan hidup serta kesehatan, bakti kebersi­han, pentas seni siswa, lomba-lomba kreatifitas, hingga kampanye bersepeda mengitari lingkun­gan sekolah.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

Kepala SMKN 1 Bogor, Chairil Anwar menjelaskan, program ini merupakan kegiatan rutin dari Organisasi Siswa (OSIS) kala memberi­kan suntikan motivasi serta edukasi kepada para murid lainnya.

“Semua warga sekolah ikut larut dalam keg­iatan Protect Our Planet ini, bahkan saya berser­ta jajaran staf SMKN 1 Bogor, ikut berkampanye sepeda. Itu semua dilakukan untuk menunjukan konsistensi kami terhadap penerapan jiwa Adi­wiyata,” jelasnya.

Berbagai kegiatan menarik yang ada di dalam event Protect Our Planet SMKN 1 kemarin, ru­panya mendapat tempat tersendiri di kalangan pelajarnya. Terbukti dengan riuh serta aktifnya murid kala acara pertunjukan band dimulai.

“Saya sendiri sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini, terlebih baru masuk sekolah setelah liburan, akan menjadi pemicu semangat tersendiri,” ucap salah satu siswi, Mita Revandi­ka. Terpisah, Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Bogor, Solihin menambahkan, kegiatan ini memang sengaja hanya melibatkan internal saja. Namun bekal pelajaran serta arti dari acara Protect Our Planet, bisa menjadi inspirasi pelajar lainnya.

BACA JUGA :  Dedie Rachim Apresiasi Renovasi MCK SDN Semeru 6 Kota Bogor

“Nantinya akan ada banyak kegiatan edukasi serupa yang akan digelar, namun untuk waktu­nya belum bisa ditentukan. Pada intinya semua acara yang dilakukan bertujuan untuk memben­tuk karakter siswa agar lebih baik,” katanya.

Masih di ruang yang sama, Wakasek Bidang Hubungan Industri (Humas) SMKN 1 Bogor, Nani Maryani berharap, dengan adanya kegiatan ini, akan bisa di praktekan para siswa di keseharian­nya. “Tentu ini semua merupakan pengemban­gan nilai pribadi positif, maka dari itu sangat besar harapan kami, terutama bagi siswa kala menerapkannya di kehidupan sehari-hari mer­eka,” harapnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================