BHL-2-(1)BOGOR, TODAY – Memilih Universitas me­mang menjadi satu momok yang membin­gungkan, khususnya bagi para siswa SMA tingkat akhir. Demi memberikan penge­tahuan dan panduan terkait dunia pergu­ruan tinggi. Organisasi gabungan dari be­berapa Universitas mengadakan kegiatan sosialisasi yakin. ‘Seputar Kampus’ di SMAN 1 Citeureup akhir pekan lalu.

Bertempat di Lapangan SMAN 1 Citeu­reup, acara sosialisasi yang melibatkan 34 Universitas di Pulau Jawa, berhasil menyita perhatian ratusan pelajar SMA di lingkun­gan Kecamatan Citeureup. Wakil Ketua Pelaksana Kampus Seputan Kampus, Rio Feisal menjelaskan, kegiatan ini meru­pakan agenda rutin setiap tahun. Dimana diadakan pembekalan materi kepada siswa mengenai dunia Universitas.

“Yang kita sampaikan mulai dari kultur setiap Universitas, bagaimana cara pendaf­taran, hingga menentukan falkutas nanti­nya,” jelasnya.

Untuk acaranya, lanjutnya, kita men­gadakan tanya jawab langsung kepada para siswa. “Berinteraksi langsung dengan perserta merupakan langkah terbaik untuk mendapatkan informasi, terkait apa aja yang menjadi kendala mereka kala kesuli­tan menentukan universitas,” ujarnya.

Masih ucap Rio, dari hasil poin-poin yang ditangkap pada acara sosialisasi ke­marin, kebanyakan siswa mempertan­yakan standar rate nilai pendaftaran, serta kultur perguruan tinggi.

“Memang untuk Universitas Negeri sendiri, rate nilainya terus meningkat se­tiap tahunnya, dan itu bisa dilihat dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Untuk lain-lainnya berk­endala dengan lokasi atau jarak domisili,” paparnya.

Selain acara sosialisasi tersebut, keg­iatan Seputar Kampus kemarin juga me­nampilkan berbagai hiburan, mulai dari game hingga musik. “Itu semua untuk menarik perhatian para perserta, karena memang kegiatan ini juga terbuka untuk umum,” katanya.

Sementara, Wakil Kepala SMAN 1 Citeureup bidang kes­iswaan, Sopyantara menambah­kan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya kegiatan Seputar Kampus ini, lantaran bisa mem­bimbing pelajarnya mengtahui jenjang pendidikan selanjutnya.

“Karena sekolahpun hanya memiliki informasi terbatas ten­tang universitas, maka dengan adanya kegiatan ini, saya rasa sangat membatu sekali,” ucap­nya.

Terpisah, siswi SMAN 1 Cit­eureup, Syifa Haerunisa men­gatakan, dirinya senang dengan adanya kegiatan Seputar Kam­pus, terlebih dirinya menarget­kan masuk ke salah satu pergu­ruan tinggi negeri.

“Dulu cuma tahu sebatas dari info kakak kelas atau in­ternet saja, tapi dengan adanya kegiatan ini, jadi lebih paham tentang pendalaman universi­tas itu sendiri,” pungkasnya.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================