Lenovo-A60101Lenovo dikenal sebagai salah satu pabrikan asal Tiongkok yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut laporan perusahaan riset Strategy Analytics, yang dikutip dari Phone Arena, penjualan smartphone Lenovo masuk ke peringkat 5 besar dunia dengan 5,3 persen dari pasar smartphone di seluruh dunia.

Oleh : Hilman Septian
[email protected]

Maka, tak mengherankan jika Lenovo membangun pabrik di Indonesia dan salah satu produk yang dirakit di pabrik ini adalah Lenovo A6010.

A6010 merupakan penerus dari A6000, salah satu smartphone besutan Lenovo yang paling banyak terjual melalui flash sale, te­patnya terjual sebanyak 50 ribu unit dalam 7 kaliflash sale. Karena smartphone Lenovo dengan embel-embel ‘A’ memang ditujukan bagi kelas menengah ke bawah, aspek desain bukan menjadi perhatian Lenovo, termasuk di A6010.

Wajar rasanya jika material yang digunak­an untuk A6010 adalah plastik. Tapi untung­nya back cover A6010 dibuat bertekstur agak kasar supaya nyaman saat digenggam. Di tu­lang bodi sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power. Sedangkan di sisi atas, Anda akan menemukan soket micro-USB dan soket audio 3,5 inci.

Kemudian di bodi belakang, terletak lensa kamera utama yang terpaut dekat dengan ujung sisi atas, lengkap dengan lam­pu flash yang juga berjarak dekat darinya. Masih di bodi belakang, Anda akan mendapa­ti pengeras suara ganda (twin speakers), ten­tu dengan tulisan beserta logo Dolby.

BACA JUGA :  Bogor Football School, Wadah Anak-anak Kembangkan Sepak Bola

Beralih ke bagian muka, selain layar sen­tuh dengan bentang 5 inci, hadir pula ka­mera tambahan yang berjarak dekat dengan pengeras suara ketika melakukan panggilan telepon. Tak ketinggalan, Lenovo menyemat­kan tiga tombol kapasitif tepat di bawah layar.

Kamera merupakan salah satu fitur yang mendapat sentuhan upgrade di Lenovo A6010. Jika sebelumnya A6000 hanya men­gusung kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel (MP), A6010 mengadopsi kamera utama beresolusi 13 megapiksel.

Untuk video, kamera A6010 dapat mer­ekam video berdefinisi tinggi dengan resolusi maksimal 1080 piksel. Sementara untuk foto, A6010 memberikan beberapa pilihan scene atau mode seperti auto, night, action, dan sebagainya dengan ukuran 4:3 atau 16:9. Panorama, pengaturan standar seperti pen­gaturan kontras, ketajaman, serta efek lain­nya seperti mono, sepia, juga sudah didu­kung oleh A6010.

Kemudian, fitur kunci lainnya di Lenovo A6010 adalah pengeras suara ganda dari Dol­by Atmos, yang menghasilkan kualitas lebih baik daripada pengeras suara konvensional. Jadi, jika Anda senang memutar musik dari pengeras suara smarpthone, fitur ini akan sangat berguna bagi Anda. Di sektor dapur pacu, tidak ada perbedaan yang terlalu sig­nifikan dari A6000 ke A6010, kecuali RAM yang tadinya hanya 1GB menjadi 2GB.

BACA JUGA :  Simak Agar Tak Jatuh Sakit, Hindari Konsumsi 2 Makanan Ini Saat Hujan

Adapun chipset yang digunakan masih sama, Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916. Pun demikian dengan prosesornya yang ma­sih 1,2 GHz quad core. Tak hanya itu, Lenovo juga tetap menggunakan GPU Adreno 306 di A6010.

Dengan banderol dua jutaan, Anda akan mendapatkan smarpthone yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916, prosesor 1,2 GHz quad core, dan GPU Adreno 306.

Namun jika dilihat dari statusnya sebagai sebagai versi ‘upgrade’ dari Lenovo A6000, ti­dak terlalu banyak perubahan yang dihadirkan Lenovo, kecuali yang paling menonjol adalah peningkatan RAM menjadi 2GB, dari yang ta­dinya 1GB, serta resolusi kamera utama men­jadi 13MP, dari yang awalnya hanya 8MP.

Dengan budget 2 jutaan, Anda sebetul­nya dapat mencicipi smarpthone dari mer­ek lain dengan spesifikasi lebih tinggi, meski dengan merek komponen hardware yang berbeda. Akan tetapi nama besar Lenovo di Indonesia bisa menjadi jaminan mutu dan kualitasnya. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================