Untitled-8Itulah kata–kata yang paling pas saat Zinedine Zidane berhasil melewati ujian perdananya sebagai entrenador Real Madrid. Dibawah kepemimpinannya, El Real sukses menghempaskan Deportivo La Coruna 5-0 di Santiago Bernabeu, Minggu (10/1/2016) dini hari WIB.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Pesta gol Los Blancos dimulai saat Karim Benzema mencetak gol menit ke-15, disusul gol Gareth Bale jelang turun minum dan menutup paruh pertama untuk keunggulan Madrid 2-0.

Selepas turun minum, Bale kembali menggetarkan gawang Deportivo untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 saat laga berjalan 49 menit. Umpan tarik Ronaldo dis­ambut tendangan firsttime yang tidak mam­pu ditahan Lux di tiang dekat.

Meskipun unggul jauh, Madrid tidak mengendurkan serangannya. Di menit ke- 63, Bale mencetak hattrick untuk menja­dikan skor 4-0. Tendangan penjuru Toni Kroos, disambut Bale dengan tandukan un­tuk menaklukkan Lux.

Deportivo belum menyerah untuk men­ciptakan gol balasan. Di menit ke-80, Navas mesti melakukan penyelamatan gemilang di tiang jauh untuk menghalau tembakan jarak jauh Luis Alberto. Namun, saat injury time, Benzema melengkapi kemenangan Madrid menjadi 5-0.

Hasil ini membawa Madrid kembali ke jalur kemenangan setelah di laga sebelum­nya diimbangi Valencia 2-2. Meski begitu, Los Blancos belum beranjak dari urutan tiga klasemen setelah mengoleksi 40 poin, terting­gal satu poin dari Atletico Madrid di atasnya dan dua poin dari Barcelona di posisi teratas.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Qatar di Piala Asia U-23 2024

Dalam pertandingan ini, El Real men­catatkan 23 kali percobaan yang sembilan di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, La Coruna 18 kali melepaskan tembakan, tapi cuma empat yang menemui bidang.

Zidane pun memuji sikap tim besutan­nya saat melakoni laga melawan La Coruna hingga mampu memenangi pertandingan. “Saat Anda memenangi pertandingan, seorang pelatih hanya bisa bergembira. Itu saja,” kata Zidane di As.

“Tak mudah untuk bisa memetik ke­menangan dengan skor akhir 5-0 melawan tim seperti Depor. Apa yang akan saya ambil dari laga ini adalah sikap dari mereka yang sedang bermain dan mereka yang tidak ber­main,” imbuhnya. Zidane juga memberikan komentar mengenai kiprahnya menangani tim utama Los Blancos. “Saya senang. Hari ini merupakan tantangan baru. Apa yang ingin saya lakukan adalah menikmati itu,” tegas pelatih asal Prancis itu.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 17 April 2024

Tidak Puji Bale

Meski mencetak hattrick, Zidane justru bersikap biasa saja kepada Bale. Alih-alih memberi pujian khusus untuk Bale, Zidane justru memberikan kata-kata penyemangat untuk Cristiano Ronaldo yang tidak turut serta membuat gol tersebut, walaupun men­catat dua assist.

“Gareth cuma harus melakukan apa yang saya minta dari para pemain lain, yaitu ber­tahan tanpa bola dan membuka ruang di lapangan, dan mengolah bola ketika kami menguasainya,” ucap Zidane di Sky Sports.

“Cristiano juga bermain amat bagus. Ia selalu merasa harus mencetak gol karena itulah yang gemar ia lakukan, tapi saya pikir ia bermain bagus. Saya yakin ia akan bikin gol di laga lain,” tuturnya.

Bale kabarnya tidak senang dengan tinda­kan Madrid memberhentikan Rafael Benitez, yang kemudian langsung digantikan oleh Zi­dane. Namun, Zidane menegaskan tidak ada masalah dalam mentalitas para pemainnya saat ini. “Tak ada yang berubah di para pe­main. Yang berubah adalah pelatihnya dan saya akan berusaha membuat mereka main sebagus mungkin,” kata Zidane.

(*/Net)

============================================================
============================================================
============================================================