1c43989e37cb6ff7fc03324f04c1aacdTOYOTA Vios menjadi salah satu penyumbang penjualan ekspor terbesar PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Model ini juga sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai sedan buatan Indonesia yang pertama kali diekspor dalam jumlah yang signifikan.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Sepanjang 2015 pen­jualan ekspor Vios meningkat hingga 200 persen diband­ingkan periode yang sama di 2014 sebesar 24.000 unit.

“Keberhasilan ekspor Vios membuktikan kemampuan industri otomotif Indonesia untuk bersaing di pasar inter­nasional. Sebagai negara den­gan potensi yang besar, in­dustri manufaktur Indonesia harus berorientasi ekspor un­tuk bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan pemain yang diperhitungkan di pasar internasional”, kata I Made Dana Tangkas,direktur kor­porasi dan hubungan ekster­nal TMMIN, dalam keterangan resminya.

Vios diproduksi secara lokal di pabrik TMMIN Karawang 2 dan langsung diekspor kebe­berapa negara di Asean pada akhir 2013. Kemudian berlanjut ke kawasan Timur tengah sejak Maret 2014, volume awal 1.500 unit per bulan.

Selain itu, Toyota Indone­sia juga melakukan ekspor untuk jenis kendaraan terurai (Completely Knock Down/CKD), telah mencapai 40.500 unit sepanjang 2015. Mesin bensin tipe TR seban­yak 44.000 unit, mesin bio-etanol 7.000 unit, dan kom­ponen kendaraan lebih dari 53 juta buah.

meski dipastikan meluncur resmi secara awal Januari 2018, gaung kehadiran generasi ter­baru Toyota Vios mulai ditabuh pabrikan Toyota. India dipasti­kan akan menjadi negara per­tama kemunculan sedan yang dikenal akrab sebagai armada taksi di Indonesia.

Mengutip dari Paultan, salah satu sumber Toyota di India mengemukakan, Vios terbaru akan tampil dengan banyak perubahan, teknis, dan desain baru akan menjadi platform global untuk sedan kelas menengah ini.

Hingga kini Toyota Astra Motor dan TMMIN selaku prinsipal Toyota di Indone­sia belum mengkonfirmasi rencana kehadiran ataupun rencana produksi Vios. Menu­rut data TMMIN, sedan Vios tercatat menjadi salah satu produk yang memiliki angka ekspor terbanyak dengan ke­naikan 200 persen pada peri­ode Januari-November 2015, dibanding periode sama 2014 yang mencapai penjualan 24 ribu unit. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================