Untitled-7BOGOR, Today – Semua Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Bogor tengah meny­iapkan para siswanya meng­hadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Para siswa mulai mengikuti Try Out (TO) yang diadakan Dinas Pendidi­kan Kota Bogor pada 9-16 Feb­ruari mendatang.

Dua sekolah diantaranya, yakni SMAN 1 dan SMAN 5 Bo­gor. Mereka menyatakan kes­iapannya menghadapi UNBK 2016. “Alhamdulillah semua anak sudah dipersiapkan untuk menghadapi U N B K karena di dalam sehari-hari mereka sudah terbisa memakai komputer. Kita sedang mengi­kuti TO tingkat kota. Jadi ada 14 sekolah SMA/SMK yang ikut,” ujar Wakil Kepala Bagian Kuri­kulum SMAN 1 Bogor, Enung Nuripah.

Pendapat serupa diberikan Wakil Kepala Bagian Kesiswaan SMAN 1 Bogor, Basuki Rach­man, pihak sekolah menyiap­kan 135 komputer untuk UNBK 2016. Komputer tersebut dibagi untuk empat ruangan yang dija­dikan tempat ujian.

Sementara untuk anti­sipasi jika terjadi kesalahan teknis, sekolah menyiapkan komputer cadangan dan server cadangan di setiap ruan­gan.

Kepala SMAN 5 Bogor, Dewi Sugiarti memberikan tangga­pan yang serupa. Semua SMA/ SMK negeri di Bogor sudah siap mengikuti UNBK. “Ada beberapa sekolah swasta yang ikut UNBK seperti YPHB, Kos­goro dan Umul Quro. Persia­pannya paling ya komputer,” tambahnya.

Dewi mengungkapkan, setelah siswa mengikuti TO, ada simulasi yang sifatnya na­sional dari pusat. Sementara untuk hasil ujian langsung di­perlihatkan di layar komputer seperti Ujian Kompetensi Guru (UKG), ada simulasi. Sekolah juga menyiapkan lima server untuk UNBK 2016.Wakil Ke­pala Bagian Kurikulum SMAN 5 Bogor, Makruf Samsuri juga memberikan penjelasan bahwa simulasi dari pusat bertujuan untuk mencoba kemampuan anak dan komputer di sekolah. “Kita gunakan empat ruangan dan satu cadangan. Ruangan dimana aja yang penting ada server dan komuter cadangan,” tuturnya.

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================