DSC06735Bisnis Industri keramik tableware khusus mug dan coffee set untuk keperluan Souvenir dan Promosi Perusahaan. Promosi yang paling efektif adalah Mug, Kenapa ? Karena setiap orang biasanya minum paling tidak 3 kali sehari menggunakan mug, promosi branding Anda akan dilihat setiap hari paling tidak pagi dan sore .

Oleh :Hesti Amelia
[email protected]

Usaha yang dirintis oleh Bonari se­jak 2004 yang memulai dari em­pat karyawan dan dengan segala keterbatasan. Kantor pun masih di garasi dan industri berlokasi di Gunung Putri. Dengan berjalannya waktu, tahun 2009 industri pindah ke daerah Citeurep Sentul. Begitu pula kantor menjadi satu dengan tempat produksi.

Tahun 2013 hingga saat ini kantor ber­lokasi di Jalan Alternatif Sentul Nomor 3D Nanggewer, Cibinong Bogor. Sementara In­dustri berlokasi di Jalan Lanbau (Lio Baru) Rt 5 Rw 5 Nomor 10 Leuwinutug, Citeureup Bogor. Kini CV.Baretta Cemerlang dengan brand Cangkir Bo­gor, memiliki lebih dari 150 karyawan dengan produksi mug hingga 7.000 pcs/hari.

Sebelum merintis usaha ini, dia bekerja sebagai professional diperusahaan lain, selama 9 tahun. Kenapa harus fokus kepada souvenir dan promosi ? menurut Bonari setiap perusahaan pasti memerlukan promosi untuk menjaring target pasar. Perusa­haan yang menjual barang komoditas harganya pasti transparan, misalnya toko beras a, b atau c harganya tidak akan jauh berbeda, sementara penyedia barang promosi tidak. Dari pertimbangan itu, kemudian ia memutuskan fokus di industri mug untuk media promosi dan produk yang dapat disesuaikan berdasarkan permintaan customer.

Selain dari usaha yang gigih, bisnis ini pun tidak luput dari ridho Allah untuk kes­uksesan berjalannya bisnis ini. “Saya memulai dari murni sebagai orang marketing jadi pengembangan pasarnya bukan sesuatu yang sulit ”, ungkap Bonari kepada Bogor To­day pekan lalu.

BACA JUGA :  Remaja Karyawan Pelatihan Anjing Asal Lampung, Tewas Gantung Diri di Cisarua

“Promosi yang paling efektif adalah Mug, Kenapa ? Karena setiap orang biasanya mi­num paling tidak 3 kali sehari dengan mug, promosi branding anda akan dilihat setiap hari paling tidak pagi dan sore. Media promosi lain paling dipakai seminggu sekali. Dari pertimbangan efektifitas itu lah kenapa saya harus memilih mug sebagai produk utama bisnis ini,” lanjutnya.

Strategi Bonari dari memiliki 4 karyawan sampai 150 lebih tidak cukup dengan usa­ha dan doa saja. ‘’Saya sudah diberikan jalan dan saya hanya memegang amanah untuk menjalankan bisnis ini. Kemudian seiring berjalan waktu, pelayanan team marketing kami menimbulkan kepercayaan customer. Kepercayaan itu akhirnya menjadi cerita dari mulut ke mulut yang pada saatnya mereka akan mencari produk ini untuk promo­si,” jelasnya.

Bonari juga memiliki cara berbeda dalam memasarkannya. Team marketing dibagi berdasarkan segmen-segmen. Ada yang di perbankan, lembaga keuangan,lewat media social dan lain-lain. Kemudian team marketing berkomunikasi dengan decision maker perusahan-perusahaan tersebut, memberikan penawaran sampai mengirimkan Free Sample.

“Disamping itu Cangkir Bogor juga mengembangkan produk semakin variatif. Kami memperkirakan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan customer. Kekuatan inovasi dan kreatif itu lah yang membangun dan berkembang sampai sekarang. “Sehingga pada saat mereka memerlukan barang promosi, mereka akan mencari kami,” terangnya.

Produk yang ditawarkan, berfokus pada mug, coffee set, tea set dan beberapa asbak. Belakangan ini yang dikembangkan produk bentuk custom, produk pesanan bentuk custom di peruntukan untuk perusahaan dengan quantity tertentu, misal pembuatan tempat mayonais, tempat saos atau plate segi dari bahan keramik. Namun dari batas minimal pembelian, Cangkir Bogor memberikan kebebasan desain gambar yang akan di aplikasikan pada mug.

BACA JUGA :  Briefing Staf Terakhir Bersama Wali Kota Bogor, Ini Kata Bima Arya dan Dedie Rachim

Harga yang di tawarkanpun variatif mulai Rp. 3.000 – Rp. 150.000. Untuk harga Rp.150.000 biasanya coffee set atau tea set. Harga tersebut tergantung seberapa besar ukuran dan modelnya.

Harga ekonomis Cangkir Bogor minimum 300 pcs. Tapi pada dasarnya pesan satu pc bisa dibuatkan, hanya saja ada biaya minimum yang dibebankan ke customer. Cangkir Bogor tidak membatasi order tapi lebih menyesuaikan customer ini butuh berapa, bud­get berapa dan pemakain kapan.

Cangkir Bogor menggunakan bahan stoneware. Hasil barang jadinya harus terjang­kau untuk keperluan promosi. Contoh yang paling tinggi pada kelas keramik adalah material bone, mug berbahan bone satu pc harganya bisa ratusan ribu. ‘’Nah ini tidak cocok untuk Cangkir Bogor yang berfokus pada promosi, harganya mahal. Jadi, kami membuat dengan bahan stoneware agar harganya terjangkau,’’ katanya.

Kelebihan Cangkir Bogor adalah mengusahakan pekerjaan lebih cepat,dan harg­anya dibuat seterjangkau mungkin dengan hasil yang baik. Kombinasi itu kemudian membuka peluang pasar yang lebih luas.

Modal awal untuk mendirikan bisnis ini sekitar Rp. 300.000.000 hanya untuk membeli bahan baku dan satu alat casting. Kemudian pasarnya berkembang, produksinya pun ditambah dan peralatan juga ditambah. Tapi permintaan pas­ar selalu lebih tinggi dibandingkan kemampuan produksi mug yang dibuat.

Kapasitas produksi saat ini 7.000 pcs mug perhari dan ter­us berkembang. Mug-mug tersebut disebar keseluruh Indonesia secara langsung atau ti­dak langsung melalui mar­keting. Dibuat seperti itu untuk me­mastikan bahwa pasar tetap terbuka d a n permintaan tinggi. Perusa­haan ini juga melayani titip bakar atau titip penempelan logo pada barang atau model yang tidak ada di pabrik ini seperti botol beling, asbak beling , gelas sloki dan lain-lain.

============================================================
============================================================
============================================================