IMG-20160215-WA0044Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Dace Supriyadi punya cara mengajak para pen­gelola sekolah untuk menghijaukan lingkungan sekola­han mereka. Dia tak memberi per­intah instruktif, tetapi hadir di se­kolah dan ikut menanam pohon.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Lingkungan sekolah itu harus memberikan kesan mendalam pada pandangan pertama. Seperti iklan di televisi, kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda,’’ kata Dace ke­tika memberikan sambutan pada acara penanaman pohon bersama Gerakan Bogor Hejo di SMK Taru­na Terpadu 2 Borces, Jl Raya Sem­plak, Kemang, Kabupaten Bogor, Senin (15/2/2016),

Meski hanya diberitahukan le­wat SMS oleh Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani, Dace hadir jauh lebih awal dibandingkan Tim Bogor Hejo sendiri. Mantan Kepala Satpol PP ini sudah berada di komplek Borces pada pukul 7.15. Padahal acara menanam pohon baru akan dilakukan pukul 8.00. ‘’Saya ingin semua lingkungan se­kolah di Kabupaten Bogor rindang dengan pohon, sejuk, dan nyaman sebagai tempat belajar yang meny­enangkan,’’ kata Dace.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 30 Mei 2024

Menurut Dace, jika lingkungan di sekolah memiliki ruang hijau yang memadai, memiliki koleksi pohon yang memadai, udaranya sejuk, lingkunganya indah dan rapi, maka para murid akan merasa ny­aman dan bisa lebih konsentrasi dalam belajar. ‘’Mereka tentu akan lebih berprestasi dari pelajar di ling­kungan sekolah yang tidak nyaman. Karena itu, saya minta pihak Borces merencanakan ruang hijau yang memadai, jangan sampai semua la­han jadi bangunan,’’ katanya.

Seperti gayung bersambut, SMK Taruna Terpadu 2 Borces ternyata juga memiliki program penanaman pohon. Karena itu, kehadiran Tim Bogor Hejo yang dikomandani Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito disambut den­gan sangat baik. ‘’Kami sangat mengapresiasi kegiatan menanam pohon setiap hari yang dilaukan koran harian Bogor Today melalui program Bogor Hejo. Karena itu, kami sangat senang bisa mena­nam pohon bersama Pak Kadisdik dan surat kabar Bogor Today,’’ kata Kepala SMK Taruna Terpadu 2 Borces Warni, ‘’Semoga kerjasa­ma ini berlanjut,’’ tambahnya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Andalkan Peran Diskominfo Sebagai Leader Menuju Goverment Technology di Kabupaten Bogor

Komplek sekolah yang berdiri di area lahan 3 hektare ini, memiliki murid hampir 7.000, terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Pada acara menanam pohon buah-bua­han, juga dilibatkan belasan anak TK dan ternyata mereka sangat antusias berbaur dengan kakak-ka­kannya dari SMK Taruna Terpadu 2 Borces. Ikut juga menanam pohon para huru di lingkungan Borces. Hadir pula para relawan Bogor Hejo Habib Rifki Ahmad Alaydrus, Amalia Dian dan Ria Diana. (*)

============================================================
============================================================
============================================================