Untitled-8Kondisi jalan di Kota Bogor mulai tak enak dilintasi. Sebagian besar aspal yang menutupi badan jalan mengelupas. Lubang-lubang berukuran kecil, sedang dan besar juga menganga di sejumlah titik. Parahnya, badan jalan acap tergenang air saat hujan deras mengguyur.

Oleh : Yuska Apitya Aji
[email protected]

Pengamat infrastruktur Kota Bogor, To­riq Nasution, menyebut, kondisi jalan di Kota Bogor 80 persen mengalami kerusakan. “Hampir di semua titik. Kalau kita presentase kan bisa menca­pai 70 sampai 80 persen mengalami kerusakan. Pemicunya banyak, salah satunya adalah genan­gan air ke badan jalan,” kata dia.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bogor menyebut, kerusakan di sejumlah titik jalan utama dan arteri di Kota Bo­gor lebih disebabkan karena tingginya curah hu­jan selama Januari dan Februari. “Curah hujan tinggi, drainase tak berfungsi dan genangan air meluber ke badan jalan. Percuma jalan diperbai­ki kalau drainase juga tidak diperbaiki,” kata Ka­bid Preservasi Jembatan dan Jalan pada DBMSDA Kota Bogor, Daud Arsyandi, kemarin.

BACA JUGA :  Tega! Kakek Bejat Perkosa Keponakan Berusia 11 Tahun di Taput

Daud menyebut, pemeliharaan belum bisa dijalankan bulan ini lantaran kondisi cuaca tak menentu. “Hujan sepanjang hari. Kita gempur perbaikan malam juga hujan turun. Ditambah persoalan teknis lain yakni pasokan aspal dan material mandek karena perusahaan tempat kita ambil aspal belum selesai produksi,” kata dia.

Soal anggaran, Daud menyebut, tahun ini, bidang pemeliharaan jalan, jembatan dan drain­ase dibujet Rp12 miliar. Jumlah ini mengalami perampingan (rasionalisasi) anggaran, jauh dari ekspektasi. “Tahun-tahun sebelumnya besaran­nya Rp15 miliar sampai Rp18 miliar. Tahun ini turun jadi Rp12 miliar. Paket proyek juga mini­malis,” kata dia.

BACA JUGA :  Resep Membuat Ayam Bakar Kecap untuk Menu Buka Puasa yang Menggugah Selera

Soal kondisi jalan yang sebagian besar rusak, daud mengatakan, pihaknya akan memaksakan pengerjaan penambalan bulan depan. “Maret kita paksakan untuk melakukan penambalan ke semua titik. Kami sedang survei saat ini,” kata dia.

Pantauan BOGOR TODAY, sejumlah titik yang mengalami kerusakan parah diantaranya, Jalan Pemuda, Jalan Raya Bubulak, Jalan Raya Em­pang, Jalan Raya Cimahpar, Jalan Kapten Mus­lihat, Jalan Kayumanis, Jalan Sholeh Iskandar, Jalan Sindang Barang jero dan sejumlah titik ja­lan arteri sambungan. “Kami juga sudah koordi­nasi ke Kementerian PU. Ini kami lakukan karena jalan-jalan nasional juga mengalami kerusakan. Kami minta mereka juga turun untuk membantu pemeliharaan,” tandasnya.

(Yuska Apitya Aji)

============================================================
============================================================
============================================================