Untitled-1Bagi Ketua DPRD Kota Bogor Untung W Maryono, menanam pohon bersama pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bukan kegiatan biasa. Tetapi sebuah jalan menyiapkan generasi bangsa agar lebih sensitif ter­hadap masalah kemasyaraka­tan dan persoalan lingkungan hidup yang dewasa ini sudah menjadi isu global.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Saya memiliki harapan yang besar terhadap mahasiswa, untuk bersama-sama dewan mu­lai memperhatikan secara detil masalah-masalah yang berkem­bang di masyarakat, termasuk masalah pelestarian lingkun­gan,’’ kata Untung saat mem­berikan sambutan pada acara penanaman pohon bersama pengurus HMI Kota Bogor dan Gerakan Bogor Hejo di di RW 05 dan RW 07, Kelurahan Kertama­ya, Kecamatan Bogor Selatan, Sabtu (13/2/2016).

Kegiatan menanam pohon ini merupakan bagian dari kemah bakti sosial HMI Kota Bogor. Se­lain Ketua DPRD Kota Bogor Un­tung W Maryono, hadir pula Wak­il Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Ketua DPD PAN Kota Bogor Safrudin Bima, Pemimpin Redaksi Suarat Kabar Harian Bo­gor Today Alfian Mujani, Ketua RAPI Bogor Utara H Rudi Jamalu­din, Lurah Kertamaya Tengku Haidir, Ketua RW 05, Ketua RW 07, Ketua HMI Cabang Kota Bo­gor Muhamad Mahdum Fatonah, para pengurus HMI, para pen­gurus RT dan warga setempat, beberapa Alumni Fahutan 28, Sekretaris Bogor Hejo Tato Mar­sito dan para relawan Bogor Hejo Amelia Dian dan Indra.

BACA JUGA :  10 Manfaat Jus Mentimun untuk Kesehatan, di Antaranya Menjaga Kesahatan Jantung..

Menurut Untung, keterli­batan mahasiswa dalam keg­iatan pelestarian lingkungan, terutama menanam pohon sangat penting maknanya bagi upaya mengembalikan Kota Bo­gor pada bentul idealnya, yakni hijau dengan pepohonan, indah pemandangannya, dan sejuk udaranya. ‘’Sekarang ini Kota Bogor sudah sangat panas dan tidak memiliki jumlah pohon yang cukup, terutama pohon buah,’’ katanya.

Karena itu, lanjut Untung, para mahasiswa HMI Kota Bogor diharapkan menjadi pelopor gerakan penanaman pohon di lingkungan masyarakat, ling­kungan sekolah, dan area-area yang memang harus ditanami pohon. ‘’Bang Alfian dan Pak Heri Cahyono sudah melaku­kan kegiatan menanam pohon setiap hari. Kalau elemen ma­hasiswa dan masyarakat luas juga melakukan hal yang sama, maka dalam waktu cepat Kota Bogor akan kembali nyaman, sejuk, rindang dengan pohon dan indah,’’ ujar Untung.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Ini Dia 12 Khasiat Bunga Pepaya untuk Kesehatan

Sebelumnya Ketua HMI Cabang Kota Bogor M Mahdum Fatonah mengatakan bahwa kegiatan menanam pohon merupakan salah satu agenda or­ganisasi di setiap melakukan ke­mah bakti sosial yang dilakukan secara rutin. ‘’Kegiatan mena­nam pohon ini merupakan kes­ekian kalinya kami lakukan,’’ katanya.

Seperti biasa, usai mena­nam pohon Untung W Maryo­no, para relawan Bogor Hejo, Safrudin Bima, dan pengurus HMI Cabang Kota Bogor makan durian bersama di tepi jalan. Acara ini menambah suasana kearaban dalam menjalin silaturrahmi. (*)

============================================================
============================================================
============================================================