Untitled-4Menanam pohon bersama anak-anak PAUD-TK dan murid SD ke­las satu, selalu menyenangkan. Selain bisa mengajari mereka tentang cara menanam pohon secara dini, juga bisa menikmati polah mereka yang lucu dan menyenangkan.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Apalagi penanaman pohon ini dilakukan di kawasan Komplek Pendidikan Al-Taqwa Col­lege Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor sep­erti dilakukan Tim Bogor Hejo (Bogor Today) bersama para kepala sekolah SD, SMP, SMA Al- Taqwa Collage, para guru, puluhan anak PAUD Pelangi, dan puluhan murid SDN Hambalang 2 Kabupaten Bogor, para orang tua murid, Sabtu (20/2/2016).

Setelah mengikuti penjelasan dan edukasi tentang aneka macam jenis pohon buah yang akan ditanam dari Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani, puluhan anak PAUD Pel­angi, SDN Hambalang 2, pelajar SMP dan SMA Al-Taqwa, mereka melakukan penanaman 25 pohon aneka buah sumbangan dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor. Pohon tersebut ditanam di area kosong yang berada di sebelah gedung utama komplek Pendidikan Al-Taqwa Collage. Sebelumnya Amalia Dian memandu kuis pohon, salah satu metode yang digunakan Bogor Hejo untuk memperkenalkan kembali nama-nama pohon kepada anak-anak, para guru, dan orang tua.

Acara tanam pohon ini merupakan bagian dari Open House Al-Taqwa Collage Indonesia. Hadir antara lain Totoy Fadilah, pengawas SMP Disdik Kabupaten Bogor, Kepala SMP-SMA Al-Taqwa Jabbar Zulkarnain S.Si, Kepala SD Al-Taqwa Lomo Agustina S.Ip, para guru Siska Mariska, Sopiah, Novia Irawaty, Mus­limah Triwahyuningsih, Kaslir, Muhamad Sodikin, dan Desi Afita Sari. Acara ini dipandu oleh Nurmalia Magama Mahmuda murid kelas 9 Al-Taqwa.

Yang seru, ketika para anak PAUD Pelangi dan SDN Hambalang 2 diajak menanam di alam bebas Bukit Hambalang. Mereka dipandu oleh pelajar SMP Al-Taqwa Collage. Awalnya mereka berbaris tertib. Namun begitu melihat lapang luas, mereka berlari menuju area lahan terbuka yang akan ditanami. Anak-anak usia antara 5 sampai 7 tahun itu tampak bergembira dan juga tak takut kotor. ‘’Ayo… aku mau nanam pohon nangka di lobang yang ini,’’ kata anak lucu dari PAUD Pelangi yang langsung dikerubuti teman-temannya.

Jabbar Zulkarnain yang menyaksikan polah anak-anak PAUD dan SD ini, tampak tersenyum dan ikut bersemanga menanam. ‘’Semoga keg­iatan ini bisa terus berlanjut. Ini sangat penting untuk mengenalkan anak-anak pada lingkun­gan,’’ katanya.

Setelah menanam pohon, Alfian Mujani di­minta mengajar di kelas menulis khusus untuk para guru dan orang tua murid Al-Taqwa yang tertarik belajar menulis di media.