posyanduCIBINONG TODAY – Posyandu diharapkan multifungsi. Pemkab Bogor berharap, keberadaan po­syandu tak hanya sekedar berdiri dan melayani.

Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, pusat perhatian Pemerintah Kabupaten Bogor dalam pengembangan posyandu sebagai ujung tombak pelay­anan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi sep­erti pelayanan KB dan pelayanan dasar guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi, imunisa­si, pemantauan, pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan.

Semua itu di katakan ketika meresmikan posyandu bougen­ville, perum mega sentul Ke­camatan Sukaraja, pada Senin (15/2/2016).

“Kelima fungsi itu harus di­laksanakan dengan baik oleh se­tiap kader posyandu yang ada di Kabupaten Bogor,khusus kader posyandu bougenville yang dike­lola dan diselenggarakan dengan prinsip pemberdayaan masyara­kat,” ujarnya, kemarin.

BACA JUGA :  Rendang Ayam Kampung, Menu Lezat untuk Santapan Keluarga Tercinta

Lebih lanjut Nurhayanti men­jabarkan keberdaan posyandu pun harus menjadi pusat gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga se­jahtera yang sedang dikembang­kan oleh Pemerintah saat ini.

“Keberadaan posyandu akan membantu masyarakat untuk hidup sehat dan sejahtera sehing­ga berkontribusi dengan misi meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pelay­anan kesehatan,” tegasnya.

Bupati Bogor pun berjanji akan memperhatikan terus lima ribu posyandu yang di Kabupat­en Bogor, agar keberadaan nya baik sarana maupun prasarana nya sehingga dapat melayani ma­syarakat secara optimal.

Sementara itu, Ketua Panitia, Mimik Sulatmi Hardja terinsip­irasi untuk mendirikan posyandu karena ingin membantu pemer­intah dalam bidang kesehatan terutama membantu ibu, bayi dan balita sehingga angka kema­tian ibu dan bayi dapat menurun signifikan.

BACA JUGA :  Cilacap Jateng Diguncang Gempa M4,9 Senin Pagi

Dalam pendirian Posy­andu Bougenville, pengurus mendapatkan bantuan dari ford foundation indonesia dan juga PT Jamsostek,kedepannya juga selain posyandu akan dipadukan oleh paud, sehingga anak-anak di wilayah sekitar pun mendapat­kan pelayanan pendidikan yang terjangkau.

“Tidak hanya bidang kesehatan saja namun bidang pendidikan dasar pun akan kami siap laku­kan untuk masyarakat Kabupaten Bogor,akan tetapi kami masih kurang taman membaca dan am­bulance, semoga ibu Bupati dapat mengabulkan pemintaan kami,” tandasnya.

(Rishad Noviansyah)

============================================================
============================================================
============================================================