DSCF2074Cyrano cafe, mungkin satu-satunya cafe yang berdiri sendiri di kawasan pecinan, Jalan Suryakencana Nomor 126 Bogor. Cafe ini didirikan Febio pada Juni 2015. Dengan menggabungkan konsep cafe resto dessert dan kucing-kucing lucu yang mewarnai di setiap dindingnya. Setiap gambaran kucing memiliki arti. Misalnya gambar kucing sang pemilik berwarna hitam, sang kekasih berwarna putih.

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Terdapat juga gambar kucing City Electronic yaitu toko elektronik milik ayahnya.. Dan sekumpu­lan gambar kucing yang artinya teman-teman maupun saudara yang telah membantu memberikan ide un­tuk mendirikan tempat ini. Semua gambar kucing yang terpampang digambar oleh sang adik yang telah juara tiga lomba PBB se-Indonesia. Diberi nama Cyrano karena si pemilik terinspirasi dari film Korea yang berjudul Cyrano agency.

“Kebanyakan dessert cafe di tempat lain yang saya lihat hanya menonjolkan dessertnya saja, tapi di Cyrano makanan juga ditonjolkan. Kita pakai chef temen sendiri sekaligus saya juga kepala da­pur. Jadi untuk makanan berat dan lain-lain pegangan saya. Sedangkan dessert pegangan pacar saya. Dari awal kita bagi tugas, makanan di sini bisa diadu dengan makanan di luar,” ungkap Febio kepada Bogor Today.

Sebelum mendirikan Cyarno, awal­nya Febio kuliah di Binus mengambil ju­rusan komputer. Ia senang nongkrong dan jalan-jalan bersama teman-teman, hanya saja tidak mau jalan di hari Sabtu dan Min­ggu. Biasanya ia kulineran di daerah Ja­karta. Tetapi menurut Febio, rata-rata makanannya kurang namun dessertnya oke. Walaupun basic Febio computer, tetapi sejak kecil ia sudah hobi masak. “Sebenarnya saya ingin menjadi chef, cuma ada kendala saya tidak bisa makan ikan dan udang. Beruntungnya saya pu­nya teman baik chef yang sudah punya nama dan dia sudah kerja sampai ke Australia maupun Malaysia,” lanjutnya.

Mendirikan usaha ini membutuhkan perjuangan yang sulit. Dulunya ia sem­pat magang di hotel sebagai waiters, bar­tender, dan kitchen jadi sudah punya basic untuk membuka usaha dibidang kuliner. “Cari customer pertama itu tidak gampang. Pertama kita bagikan selembaran, promo di instagram, segala macam cara sangat su­lit. Setelah dua bulan berjalan baru terasa hasilnya,” katanya.

Cyrano Cafe yang pastinya menye­diakan menu andalan dessert seperti pao-pao, coco bio, noel’s bowl, coco ciz, minki, oika-oika, snowy coffee bath.Terse­dia juga menu main course seperti Cyrano special fried rice, Cyrano chicken cor­don blue, rendang omelette, pasta beef carbonara,Indonesian style pasta aglio olio, pasta beef bolognise.Terdapat menu Steak and stuff yaitu grill chicken chop, Australian grain fed tenderloin steak, dan masih banyak lagi.

Selain dessert Cyrano juga mengandal­kan minuman mocktail orange splash, cool majito, uno febiano, marry me, dan orange sunshine. “Kita mengandalakan mocktail in love with me. Jadi layernya biru dan merah begitu pas dikocok berubah warna menjadi ungu. Dan yang electric shock ka­lau di foto pakai flash warnanya akan mun­cul,” terangnya.

Harga dessert mulai Rp. 25.000-Rp. 30.000, main course Rp. 32.000-Rp. 40.000, snack Rp. 25.000-Rp. 33.000, dan minuman dari Rp. 8.000-Rp. 25.000. “Selama bulan february menyambut valentine kita ada menu baru yaitu bio in love Rp. 30.000 dan ana in love Rp. 28.000,” katanya.

Fasilitas yang disediakan free wifi ke­cepatan di atas 11 mbps, colokan listrik di­setiap sofa, ruangan indoor, outdoor, toilet yang sangat bersih. Jam operasional Senin- Jumat 11.00-22.30, Sabtu 11.00-00.00, Minggu 10.30-22.00. Cyrano juga menye­diakan tempat untuk acara birthday party, arisan, reuni, rapat, dan lain-lain. Dengan minimun 45 orang, setiap orang hanya membayar Rp. 80.000-Rp. 90.000 dengan sistem prasmanan.

“Modal awal karena kita rumah send­iri yang sebelumnya tempat ini dijadikan gudang harus direnovasi menghabiskan Rp. 1 miliar. Omset yang diperoleh setiap bulannya lumayan cukup bagus. Kita lagi ada promo poin Telkomsel dan EF Card sebanyak 20%,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================