Untitled-1Ada cara asyik dan seru mengajak anak-anak SD mengenali nama pohon dan menanamnya. Yaitu lewat kuis menebak nama pohon berhadiah aneka perlengkapan untuk anak sekolah.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Inilah yang dilakukan Tim Bogor Hejo pada acara tanam pohon setiap hari di sekolah-sekolah. Selain membawa aneka pohon gratis, Tim Bogor Hejo yang dimotori Surat Kabar Harian Bogor Today, Alumni Fahutan 28, dan RAPI ini selalu membawa hadiah yang akan diberikan kepada para siswa-siswi yang berani maju ke depan dan tahu secara benar nama pohon buah yang ditunjukkan.

Pada acara tanam pohon di SDN Dewi Sartika 1 Kecamatan Cibogor, Kota Bogor, Senin (1/2/2016) Tim Bogor Hejo membagikan lima jenis hadiah sumbangan dari pribadi Linda Kristanti Nussy SH yakni tas sekolah, 10 buku tulis, tumbler, tempat makanan, dan payung cantik dari BRI. Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono juga tak mau kalah. Dia membawa dua kantung beras masing-masing ukuran 5 kg yang disiapkan untuk orang tua murid yang bisa menebak nama pohon.

BACA JUGA :  Bingung Mau Healing Saat Libur Lebaran? Ini Rekomendasi Cafe di Bogor yang Cozy dan Bernuansa Alam Dijamin Suka

‘’Ayo siapa yang pernah menanam pohon,’’ kata Heri membuka kuis yang tampak sangat menghibur dan efektif sebagai media edukasi pengenalan pohon dan cara menanamnya itu. Puluhan anak-anak SDN Dewi Sartika 1 pun mengacungkan tangannya.

Heri lantas minta anak-anak maju ke depan. Mereka sangat antusias dan berebut maju ke depan untuk menebak nama pohon di tangan Heri. ‘’Karena yang maju banyak, ayo hompimpa dulu biar seru,’’ ujar inisiator gerakan tanam pohon tiap hari bersama Alfian Mujani yang juga Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today ini.

Para guru dan orang tua murid yang ikut dalam acara tanam pohon bersama Kepala SDN Dewi Sartika 1 Hj Suliyanti S.Pd. M.Pd juga diberi kesempatan untuk ikutan kuis berhadiah hiburan ini. Ternyata para guru dan orang tua murid juga antusias ikut menjawab, malah juga harus hompimpa karena yang maju lebih dari dua orang.

BACA JUGA :  Ucapan Akhir Kepemimpinan Bima Arya dan Dedie Rachim: Hatur Nuhun Sadayana, Abdi Pamit

Hasilnya luar biasa. Kita memiliki pengetahuan baru tentang seberapa baik pemahaman anak-anak, para orang tua dan guru terhadap nama-nama pohon buah. ‘’Ternyata kita harus lebih gencar lagi memperkenalkan nama-nama pohon buah kepada anak-anak dan masyarakat kita secara luas,’’ kata Alfian Mujani.

Selain diramaikan dengan kuis berhadiah hiburan, acara menanam pohon di SDN Dewi Sartika 1 ini juga sangat istimewa lantaran Lurah Cibogor Ramli Sahibu bersama Babin Kamtibmas, Ketua RW setempat ikut hadir. ‘’Saya berharap penanaman pohon di SDN Dewi Sartika 1 ini juga diikuti dengan kegiatan menanam pohon di tempat tinggal masing-masing. Saya tahu yang sekolah di sini bukan hanya warga Kecamatan Cibogor,’’ kata Ramli dalam sambutannya.

Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito dan para aktifis tanam pohon seperti Indra dan Yuniar juga ikut meramaikan acara ini. (*)

============================================================
============================================================
============================================================