KRL-foto-kozerBOGOR, TODAY – Penyandang disabilitas kini tak perlu risau saat menggunakan jasa KRL Commuter Jabodetabek. Pas­alnya, PT Commuter menye­diakan fasilitas kursi roda bagi para difabel.

“Di setiap stasiun, kita se­diakan satu kursi roda. Tapi, untuk stasiun besar, seperti Manggarai, Bogor, atau Jakar­ta Kota, ada cadangan kursi roda, jadi bisa ada dua buah,” kata Manajer Komunikasi PT KCJ, Eva Chairunisa, Jumat (19/2/2016).

Menurutnya, jumlah kursi roda yang disediakan di mas­ing-masing stasiun akan me­nyesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa KRL. Satu kursi roda di satu stasiun kecil dirasa sudah cukup.

Baca Juga :  Capaian Vaksinasi 100 Persen, Lurah Curug Terima Penghargaan dari Satgas Covid-19 Kota Bogor

Cukup dengan meminta ke­pada petugas setempat, fasili­tas kursi roda tersebut bisa langsung digunakan. Selain kursi roda, PT KCJ juga mema­sang fasilitas ramp dan gate manual di 21 stasiun KRL Jabo­detabek.

Hal itu dilakukan untuk mempermudah difabel peng­guna jasa KRL selama berada di area stasiun maupun untuk keluar dari atau masuk ke sana. Fasilitas tambahan lainnya adalah adanya Papan Informasi KRL (PIK) yang sudah terpas­ang di 38 stasiun.

Baca Juga :  Diseruduk Bus Pusaka, Perempuan Warga Ciomas Tewas Seketika

PIK menampilkan informa­si seputar posisi KRL sehingga pengguna dapat memastikan tujuan akhir keretanya. “In­formasi visual saat ini terse­dia bagi penyandang disabili­tas di dalam KRL. Pengguna akan mudah menemukan in­formasi melalui layar Sistem Informasi Penumpang (SIP) serta papan-papan petunjuk,” jelas Eva.

Pengumuman juga disam­paikan melalui informasi audio yang tersedia di dalam stasiun maupun di dalam KRL berupa pengumuman. Pengumuman disampaikan oleh petugas yang ada di KRL dan juga melalui GPS otomatis.

(Yuska Apitya)