antarafoto-tim-kualifikasi-piala-thomas-uber-030216-iesHYDERABAD, TODAY – Indo­nesia membuka babak kualifi­kasi Piala Thomas 2016 dengan hasil gemilang. Sementara ini hingga pertandingan kelima, Indonesia menyapu bersih semua laga kontra lawan per­tama di Grup C, Maladewa.

Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Taiwan, Thai­land, dan Maladewa. Melawan Maladewa, Senin (15/2/2016), wakil-wakil Indonesia terlalu superior untuk para lawannya sehingga terlihat tidak mengal­ami kesulitan berarti.

Pertarungan pertama di­buka oleh nomor tunggal pu­tra. Indonesia mengirimkan wakilnya Tommy Sugiarto un­tuk menghadapi wakil Malade­wa, Mohamed Ajfan Rasheed. Rasheed bisa dikatakan lawan mudah bagi Tommy.

Tommy hanya membutuh­kan waktu selama 18 menit un­tuk membukukan kemenangan pertama Indonesia. Pebulu­tangkis 27 tahun itu total hanya “memberikan” delapan untuk Rasheed di set pertama dan kedua. Set pertama berakhir dengan skor 21-2 dan set kedua dengan skor 21-6, keduanya un­tuk kemenangan Tommy.

Pertandingan kedua kemba­li menampilkan tunggal putra. Kali ini giliran Ihsan Maulana yang berhadapan dengan Hus­sein Zayan Shaheed. Tak berbe­da jauh dengan Tommy, Ihsan juga meraih kemenangan mu­dah dengan durasi laga 17 menit.

Set pertama berjalan begitu mudah untuk Ihsan. Pebulutang­kis 20 tahun itu menang dengan skor 21-2. Set kedua pun juga berjalan muda bagi Ihsan, meski laga berlangsung sedikit lebih lama. Di set kedua Ihsan meraih kemenangan dengan skor 21-8.

Laga ketiga masih mem­pertandingkan tunggal putra. Dalam laga tunggal putra terakh­ir hari ini, Indonesia mengirim­kan Ginting Anthony yang ber­tanding melawan Rifau Hussain hanya dalam waktu 15 menit!

Sementara itu, Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan kemungki­nan besar akan disimpan pada kualifikasi Thomas Cup. Tim Merah Putih akan menghadapi wakil Maladewa pada Senin 15 Februari 2016 di Gachi Bowli Stadium, Hyderabad.

Manajer Tim Thomas dan Uber Indonesia, Rexy Mainaky, menyatakan bakal menyapu bersih kemenangan 5-0. Ia me­nyebutkan bakal menurunkan beberapa pemain pelapis di laga tersebut.

“Hendra/Ahsan kemung­kinan tidak akan diturunkan untuk memberikan kesempa­tan pada pemain pelapis. Apa­lagi Hendra/Ahsan baru sam­pai dari Thailand tadi malam, mereka masih harus istirahat. Pagi ini juga belum turun lati­han,” ucap Rexy mengutip Badminton Indonesia, Senin (15/2/2016).

Hendra/Ahsan memang baru bergabung dengan tim pada Minggu dini hari, setelah memenangi Thailand Masters 2016. Alhasil, mereka diistira­hatkan untuk sementara sedan­gkan untuk pemain tunggal ke­mungkinan akan bermain full.

“Kalau untuk pemain tung­gal kemungkinan full team demi penyesuaian lapangan,” imbuh Rexy. Tim Kualifikasi Piala Thom­as Indonesia berada di grup MC bersama Taiwan, Thailand dan Maladewa.

(Imam/net)