0000408544RASA penasaran masyarakat Indonesia yang tengah menunggu kehadiran Mazda VX-1 facelift akhirnya terjawab. PT Mazda Motor Indonesia (MMI) siap meluncurkan kembaran Suzuki Ertiga itu di Februari 2016 ini.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Mengikuti jejak kompatriot­nya, Mazda dalam waktu dekat bakal merilis pe­nyegaran model dari VX- 1. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indo­nesia.

“VX-1 mau ada penyegaran, pelun­curannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” kata Astrid. “Mungkin tidak beda jauh dengan saudaranya (Ertiga), tunggu saja,” tambahnya

VX-1 hanya menyumbang angka pen­jualan yang minim bagi Mazda di Indo­nesia. Tahun lalu, VX-1 hanya terjual 111 unit. Meskipun demikian, pihak prinsipal menghendaki model ini agar tetap dipas­arkan dan mendapat penyegaran.

“Penyegaran VX-1 itu sudah kebi­jakan prinsipal Mazda dan Suzuki di Je­pang,” jelas Astrid.

Mazda VX-1 saat ini tersedia dengan tipe R AT, VX-1 V Metro dan R Metro. Me­sin yang digunakan yaitu empat silinder DOHC 16 Valve VVT berkapasitas 1,4 liter yang memuntahkan tenaga 95 Tk pada 6 ribu rpm dengan torsi 130 Nm pada 4 ribu rpm.

Bisa jadi, penyegaran pada VX-1 men­gacu pada New Ertiga yang diluncurkan oleh Suzuki September 2015 lalu. Low MPV andalan Suzuki ini berubah tampi­lan pada sisi grill dan bezel fog lamp di bagian muka, sementara buritan meng­gunakan bemper belakang dengan de­sain baru serta garnish krom.

Di segmen kendaraan serba guna bawah (Low Multi Purpose Vehicle/ LMPV) ini, MMI memang tidak terlalu fokus. Tahun lalu saja, berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendara­an Bermotor Indonesia (Gaikindo) se­cara wholesales (pabrik ke diler), VX-1 hanya terjual 96 unit.

Mazda VX-1 memang hanya terjual sebanyak 96 unit saja tahun 2015. Angka yang sangat kecil jika dibandingkan den­gan saudara sekandungnya (Suzuki Erti­ga) yang terjual sebanyak 47.015 unit, un­tuk periode Januari-November 2015 saja.

“Untuk saat ini fokus Mazda disegmen kendaraan penumpang seperti Mazda2, CX5, dan Biante. Kita tidak menganaktiri­kan, kita akan melihat daya serap dan saat ini bisa dibilang permintaan masih banyak di CX-5, Mazda2 dan Biante, jadi konsen­trasi kita ke arah sana,” ujar Astrid.

Dengan adanya beberapa peruba­han tampilan yang membuatnya lebih mewah tersebut, Mazda membande­rol harga mobil ini lebih mahal dari pesaingnya. Untuk varian paling ren­dah yaitu VX-1 V Manual berada di kisaran harga 187 jutaan. Sementara pada varian tertinggi yaitu VX-1 R AT (transmisi otomatis) berada di harga 215 jutaan. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================