18022016_mpv-china_20160218_233356Produsen mobil asal China sudah semakin dekat mencicipi pasar otomotif nasional Indonesia. Pabrikan otomotif China,  SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW), memastikan diri bakal memboyong dua model andalannya, Wuling Hongguang S1 dan Baojun 730. 

Hilman Septian

Menurut pihak manajemen SGMW, nantinya kedua model ini akan mendapatkan penyesuaian spesifikasi dengan harapan bisa diterima di pasar nasional. Selain itu, kedua model juga bakal menyandang nama baru ketika mulai dipasarkan.

Wuling Hongguang S1 dan Baojun 730 akan saling bersanding, berjibaku di segmen mobil terlaris di Indonesia, yakni kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) tujuh penumpang.

Model pertama (Wuling Hongguang S1) akan menyasar ke segmen LowMPV, bersaing dengan model sekelasnya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Chevrolet Spin. Namun, kalau melihat bodinya, model ini lebih cocok disandingkan dengan rival, semacam Suzuki APV atau Nissan Evalia.

Sedangkan, Baojun 730 bakal menyasar ke segmen MPV medium, sekelas Toyota Kijang Innova bahkan bisa menyentuh Nissan Livina.

Menariknya, di China kedua model ini sudah terbukti karena diklaim menjadi model terlaris. Setiap bulan, Wuling Hongguang S1 terjual 70.000 unit dan Baojun 730 sekitar 30.000 unit .

Penguasa di China

============================================================
============================================================
============================================================