ONTROGCIBINONG, TODAY – Ratu­san calon Pendamping Desa se-Kabupaten Bogor men­datangi Kantor Badan Pem­berdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat, Kamis (25/2/2016). Mereka memper­tanyakan belum adanya peng­umuman hasil seleksi peneri­maan Pendamping Desa di Bumi Tegar Beriman.

“Sejak Desember 2015, sudah ada seleksi tertulis dan wawan­cara penerimaan dari BPMPD. Tapi sampai sekarang belum diumumkan hasilnya,” ung­kap koordinator Forum Calon Pendamping Desa Kabupaten Bogor, Iman Taufik.

Kedatangan ratusan calon PenDes ke kantor BPMPD Jabar, mempertanyakan belum ada pengumuman hasil seleksi penerimaan Pendamping Desa di Kabupaten Bogor.

BACA JUGA :  Simak Ini! 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Bisa Memperpendek Usia

Iman mengatakan, Pem­prov Jabar, melalui BPMPD Provinsi dinilai cenderung memperlambat penandatan­ganan dan pengumuman kelulusan calon sarjana pendamping desa yang telah mengikuti seleksi yang ber­akibat pada ketidakefektifan pengelolaan dana desa.

“Padahal pemerintah telah beritikad untuk membangun negara yang berkeadilan sosial dan menciptakan kesejahter­aan dari desa,” lanjutnya.

Pria yang ankrab disapa Kadir ini menegaskan, aksi ratusan calon pendamping desa dini menuntuk BPMPD Jabar segera mengumumkan sarja pendamping yang telah mengikuti seleksi.

BACA JUGA :  Rendang Ayam Kampung, Menu Lezat untuk Santapan Keluarga Tercinta

Selain itu, pihaknya memin­ta Gubernur Jawa Barat dan Ke­pala BPMPD Jabar bertanggung jawab dalam keterlambatan ini dan jangan ada politisasi yang berakibat pada ketelambatan pembangunan desa.

Sementara itu Kepala BPMPD Jabar, Dede Rusdia menjelas­kan, kewenangan untuk men­gumumkan hasil seleksi adalah pihak kementerian.

“Besok ( Jumat 25/2/2016, red) saya akan ke Kementeri­an PDT dan menyampaikan aspirasi demonstran,” katan­ya.

(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================