alfian mujani 240DUNIA pekerja adalah dunia dengan setumpuk persoalan. Dari dulu hing­ga kini, persoalan pekerja adalah persoalan yang terus berlanjut sealiran dengan persoalan tabiat dan karakter seseorang. Ada pekerja yang taat sekali pada aturan, setaat dirinya pada hukum ha­lal dan haram yang ditentukan agama. Ada pekerja yang gemar melanggar aturan peru­sahaan sesuka dia melanggar aturan Tuhan.

Dalam buku Psikologi Manajemen kita temukan tipe pekerja yang banyak bicara tapi sedikit bekerja. Dia rajin usul dan mengemu­kakan pendapat, tapi tak pernah bekerja dan melaksanakan pendapat itu. Ada pula peker­ja pendiam, sedikit bicara tapi aktif bekerja. Ada pula yang diam-diam suka bicara dan su­lit diajak bekerja. Nah, yang terakhir ini ada­lah pembuat gaduh atau pencipta masalah.

Tipe pekerja yang pertama dan kedua, jika Anda tergolong bos pemurah dan penyabar, mungkin masih bisa dibina dan dikem­bangkan. Tetapi bagi tipe pegawai ketiga hanya satu cara yang bisa dilakukan: ‘’dibi­nasakan’’ alias diaputasi agar tak menjalar ke pekerja-pekerja rajin dan baik.