DSC_1784(1)Dalam menjalani bisnis retail, Budi Salim selaku President Director Citrus Dept Store Mall Botani Square tidak lantas menjadi seorang pebisnis dadakan. Berbagai cobaan dan hambatan ia alami selama membesarkan Citrus Dept Store. Sikap ramah, rendah hati dan apa adanya ia jadikan pegangan untuk modal kepercayaan dia kepada semua orang.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Pria kelahiran Jakarta, 14 november 1971 ini bukanlah orang yang selalu meninggikan dirinya kepada semua relasi dan lingkungannya, Budi dike­nal sebagai pribadi yang sederhana dan se­lalu berbicara apa adanya. “Saya kalau me­nyampaikan sesuatu selalu apa adanya, itu yang saya katakan maka itulah yang ada dihati dan pikiran saya, termasuk dalam berbisnis pun,” urai ayah dua putri ini dalam wawancaranya ber­sama BOGOR TODAY beberapa waktu lalu.

Menurut pemilik nama asli Lim Fuk Lin ini, menjadi prib­adi apa adanya bisa menum­buh stigma para lawan bi­caranya jika Budi bukanlah pria yang hanya berbicara sembarangan. Dengan be­gitu akan timbul kepercay­aan karakter seseorang, sehingga banyak orang yang aman bermitra den­gannya.

“Sejauh ini semua mi­tra saya percata kalau Cit­rus adalah tempat yang aman buat mereka mena­ruh barang. Ini adalah salah satu faktor eksis­tensi Citrus dalam du­nia retail, dan saya tidak akan meninggalkan bisnis ini sampai ke tahap sukses,” ungkapnya.

Tidak mau main-main dengan bisnisnya kali ini, masih kata Budi, ia adalah pria multitasking. Budi tidak hanya memposisikan dirinya seb­agai presdir saja, sering kali ia inisi­atif langsung turun ke lapangan untuk melakukan penjualan dan melakukan pengecekan.

Nama baik Budi di dunia bisnis juga harus diacungi jempol. Sebagai pengusaha, Budi ti­dak ingin mnenjadi pengusaha serakah. “Saya tidak mau jadi pengusaha yang serakah, saya ingin memi­liki banyak teman dan semua sudah diatur sama Tu­han,” kata pria berdarah Tionghoa ini.

Dibalik pria yang sukses sudah tentu ada orang yang berperan dibelakangnya, begitupun dengan Budi, dukungan dari orangtuanya sangat berperan bagi kesuksesan dia. “Tuhan dan keluarga menjadi kekuatan saya setiap kali mengalami jatuh bangun,” paparnya. Meski begitu, Budi bukanlah seseorang yang sempurna, ia mengakui ada beberapa kelema­han di dalam dirinya. Ia mengakui dirinya termasuk orang yang malas dulunya, namun kebiasaan bu­ruknya itu sudah ia hilangkan saat ini dan memegang teguh filosofi ‘buanglah rasa malas’. “Dulu saya suka menunda-nunda waktu untuk berangkat kerja, itu­pun kalau sedang tidak ada janji dengan orang. Tapi sekarang tidak, saya sekarang kalau kerja diusahakan selalu ontime,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Citrus Dept Store satu-satunya store di Bogor yang digadang-gadang mampu mengundang miss universe dan miss international sejak tahun 2011. Citrus sendiri dikenal dengan kara­kternya yang menjual brand-brand ternama dan me­miliki kelas menengah keatas.