kantor-FIF-GroupAstra International melakukan inovasi baru. Melalui anak perusahaannya, FIF Federal International Finance, gencar memasarkan SPEKTRA (Sumber Pembiayaan Elektronik Astra), pemberian pinajaman untuk UKM, dana talangan Haji dan Umroh.

Oleh : Nadia Amalia
[email protected]

Perusahaan pembiayaan yang selama ini banyak menyalurkan kredit melalui pemilikan sepeda motor dan mobil, FIF Group Ca­bang Bogor juga kini mulai melakukan ekspansi kredit ke sektor UKM, kredit elektronik, serta talangan dana haji dan umroh. Inovasi ini dilakukan setelah pasar sepeda motor mengalami penu­runan sepanjang tahun 2015.

Jenis kredit elektronik yang dibi­ayai SPEKTRA sangat variatif mulai ba­rang kecil handphone, laptop, hingga kredit pemilikan genset. FIF Cabang Bogor bisa memberikan kredit non limit. “Sasaran SPEKTRA ada dua, yak­ni toko elektronik tradisional dan toko elektronik moderen,’’ ujar Martino, Marketing Officer FIF Cabang Bogor. kepada Bogor Today di kantornya, Ka­mis (11/02/16).

Dia menyebut contoh toko-toko ele­ktronik tradisional seperti yang ada di Jambu Dua. Sementara, toko elektronik modern adalah toko elektronik yang se­jenis Elektronic City di Botani Square, Giant, Hypermart, dan Carrefour.

Baca Juga :  Dianiaya Jamaah, Kuping Muazin di Medan Terkena Sayatan Pisau Hingga Nyaris Putus

Inovasi baru lainnya adalah penyaluran kredit mikro untuk masyarakat menengah ke bawah yaitu peny­aluran dana untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) dan pembiay­aan untuk kursi haji yaitu dana talangan untuk ibadah haji. “Animo mayarakat yang sangat tinggi terhadap mikro financing ini, membuat target yang diberikan FIF Group sebesar Rp 800 juta terlampaui yakni bisa tembus Rp 1 miliar perbulan,’’ katanya.

Jumlah UKM yang memanfaatkan pembiayaan FIF SPEKTRA sendiri su­dah mulai tersebar ke berbagai tempat. Selain Kota Bogor, juga berkembang di wilayah Kabupaten Bogor. Contohnya pengusaha ikan pindang di Cilebut dan UKM es cream di Bojong Gede.

Bagi masyarakat yang ingin mendapat peminja­man dana dari FIF SPEKTRA persayaratan cukup mudah. Yakni KTP, kartu keluarga (KK). Tim sur­vey langsung terjun untuk melihat UKM mana saja yang benar mendiri­kan usaha.

“Bagi mereka yang memiliki usaha berusia di bawah satu tahun pun bisa langsung mengajukan permohonan pinjaman ke FIF Group dengan bunga sangat rendah yaitu 1,1% per bulan,’’ ujar Martino. ‘’Jumlah dana yang bisa disalurkan ke UKM bisa mulai Rp10 juta- Rp 30 juta untuk UKM baru dan untuk UKM yang sudah maju bisa mendapat pinjaman hingga Rp 500 juta.’’

Baca Juga :  Polisi Ringkus 4 Kawanan  Modus Investasi Kepada Wisatawan di Bogor

Untuk pembiayaan ongkos haji dan umroh, FIF SPEKTRA telah bekerja sama dengan Bank Panin Syariah. Bagi nasabah yang menabung di Bank Panin Syariah dan tidak mempunyai bantuan dana untuk membeli kursi haji, bisa di­talang FIF SPEKTRA.’’Ternyata cukup mengejutkan, di Bogor merupakan dae­rah yang tertinggi pembiayaan haji dan umrohnya di Indonesia,” katanya.

Target penyaluran kredit FIF Group di Bogor untuk pembiayaan UKM serta dana talangan haji dan umroh Rp 12 mil­liar tahun 2016.

FIF Group ternyata memiliki visi un­tuk menghindari angka pengangguran di Bogor. “Intinya, FIF masuk di mikro financing ini bukan semata-mata men­gambil sisi bisnisnya saja, tapi untuk membatu usaha kecil menengah agar lebih maju,’’ tungkas Pardan, bagian Marketing FIF Bogor.


1 KOMENTAR

  1. Malam.. Sy bergerak di bidang usaha furniture. Bisa bantu sy untuk pembiayaan bila mn ad konsumen yg berminat kredit

Comments are closed.