Untitled-9BOGOR TODAY – PDAM Tirta Pak­uan Kota Bogor menunggu kepu­tusna pancairan dana untuk relo­kasi pipa dari Pemprov Jawa Barat. Besaran dana yang diajukan untuk membongkar pipa di jalur Tol Bo­gor Ciawi Sukabumi (Bocimi) itu adalah Rp8,6 miliar.

Dirtek PDAM Kota Bogor, Denny Surya Senjaya, mengatakan bahwa pihak PDAM Kota Bogor telah men­girimkan permintaan anggaran resmi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk mere­lokasi pipa sepanjang 600 meter yang menjadi penghalang pemban­gunan proyek Bocimi di Desa Tang­kil, Kecamatan Caringin.

“Surat resmi dari PDAM telah kita kirim beberapa hari yang lalu kepada Pemprov Jabar,” singkat Denny kepada BOGOR TODAY ke­marin.

BACA JUGA :  Wali Kota Bogor Tak Putus Asa Benahi Pasar Kebon Kembang

Denny mengatakan bahwa anggaran yang diusulkan PDAM Kota Bogor bertambah dari Rp8,4 miliar menjadi Rp8,6 miliar untuk merelokasi daerah Tengek dan zona satu, yakni wilayah Ran­camaya, Kertamaya, Bojong Kerta, Wangun, Muara Sari, Tajur, Muti­ara, Bogor Raya.

“Anggaran awal sebesar Rp6,6 miliar untuk wilayah Tengek, sedangkan Rp1,8 miliar untuk wilayah zona satu. Namun wilayah Tengek diperkirakan bertambah menjadi Rp6,8 miliar berdasarkan bertambahnya kebutuhan yang di­perlukan untuk relokasi,” tambah Denny.

Denny menambahkan bahwa PDAM Kota Bogor yang melaku­kan eksekusi relokasi pipa sepan­jang 600 meter dengan diameter 21 inch didaerah Tengek dan Zona satu tersebut. Hal ini bukanlah tanpa alasan, Denny menambah­kan Sekda Pemprov Jabar menilai PDAM lebih berkompeten untuk melakukan relokasi pipa terse­but. “Pemprov Jabar menentu­kan PDAM karena PT Trans Jabar Tol (TJT) tugasnya mengerjakan proyek pembangunan tolnya saja,” tambah Denny.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Ayam Kecap dan Telur Spesial yang Lezat dan Sedap Bikin Keluarga Ketagihan

Diketahui, sampai saat ini be­lum ada konfirmasi dari Pemprov Jabar berapa besar anggaran yang direalisasikan dari Rp8,6 miliar yang diajukan pihak PDAM Kota Bogor. “Anggaran relokasi pipa cair setelah pembebasan tanah diarea itu selesai dilakukan pihak PT TJT dan Pemprov Jabar,” pungkasnya.

(Abdul Kadir Basalamah)

============================================================
============================================================
============================================================