Untitled-6“Jika batuk melebihi dua minggu dan mengeluarkan dahak waspada karena bisa jadi TBC. Lakukanlah spring loaded, penderita harus dilakukan pemeriksaan dahak tiga kali di pagi hari, jika dilihat adanya kuman TBC didalam dahaknya penderita harus melakukan pengobatan minimal selama enam bulan,”

Oleh : Eva Noviani Hanifah
[email protected]

Batuk adalah reaksi pertahanan tu­buh untuk melindungi paru-paru. Gejala ini perlu diwaspadai, apa­lagi bila berlangsung lebih dari dua minggu. Kenali pula secara cermat berbagai kondisi yang menyertainya, misal­nya batuk berdarah. Batuk sejenis penyakit dengan mengeluarkan dahak bisa jadi indikasi tuberculosis (TBC)

Dokter umum Apotik Yasa Semeru, dr Robi­ah Mubarokah memaparkan TBC adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kuman. Kuman yang masuk ke dalam tubuh ini masuk kedalam tubuh dan menyerang semua umur.

Pada dasarnya, penyebab dan batuk sendi­ri memiliki banyak jenis. Penyebab batuk bisa karena alergi, infeksi dan kondisi cuaca yang dapat membuat sistem anti bodi menurun. Hanya saja, masyarakat harus mulai mewaspa­dai jika batuk terjadi lebih dalam kurun waktu dua minggu, karena bisa jadi itu adalah TBC.

“Jika batuk melebihi dua minggu dan mengeluarkan dahak waspada karena bisa jadi TBC. Lakukanlah spring loaded, pend­erita harus dilakukan pemeriksaan dahak tiga kali di pagi hari, jika dilihat adanya ku­man TBC didalam dahaknya penderita harus melakukan pengobatan minimal selama enam bulan,” urai wanita yang juga Seksi Pember­antasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

Menurutnya, penularan batuk terjadi me­lalui kontak dengan sumber penularan atau­pun udara. Misalnya bisa berupa adanya kon­tak langsung dengan cairan tubuh atau lendir seorang yang terkena flu dan bila daya tahan tubuh yang kurang baik memudahkan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

“Ketika penderita positif di dalam kuman­nya terdapat kuman TBC terserang dalam tu­buh manusia, ketika dia batuk kuman tersebut akan keluar ke banyak udara sekitar tiga ribu kuman, jika terhirup oleh orang lain maka ter­jadilah penularan. kalau ternyata positif oba­tilah segera segeralah obati dari sekarang jan­gan sampai anda biarkan sehingga berdampak lebih buruk bagi kesehatan anda,” ujar dia saat ditemui BOGOR TODAY.

Untuk itu, ia menghimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap penyakit batuk untuk tidak menyepelekannya. Sebab dari batuk ini kita juga dapat mengenali berbagai penyakit yang ada dalam tubuh kita. Hidup sehat dan hidup bersih tetap menjadi kunci utama mence­gah penularan berbagai macam penyakit.

“Tingkatkan daya tahan tubuh, dengan cara makan-makanan yang bergizi yang seimbang agar daya tahan tubuh bagus, jika daya tahan tubuh kita baik maka ketika ada kuman atau virus yang masuk melalui saluran pernapasan akan tercegah dari infeksi, dan mencegah dari terjadinya sakit, janganlah minum-minuman dingin, biasanya pada penderita alergi akan mudah terserang, selain itu udara yang tidak baik sangat berpengaruh terutama dari debu, asap rokok, dan udara dingin.”urainya.