alfian mujani 240Alfian Mujani

SAHABAT adalah orang yang sangat penting selain saudara. Tetapi memilih sahabat itu ternyata tak mudah. Banyak orang tampak manis, baik, selalu hadir saat kita berkuasa dan berjaya. Tetapi men­cibir, sinis dan menjauh di saat kita susah. Orang seperti itu pastilah bukan sahaba. Dia adalah ular berkepala dua yang amat berbisa.

Kita sering menyaksi­kan, begitu banyak penguasa dan orang kaya yang senang dielu-elukan, dikunjungi banyak orang, mendapat tepuk tangan meriah ketika berpidato. Tetapi ketika diakehilangan kekuasaan dan ke­kayaannya, hanya bisa dihitung jari orang yang tetap hadir dan peduli. Maka, jika Anda saat ini se­dang berkuasa, janganlah terlalu bangga dengan pujian dan kerumunan orang di sekeliling Anda. Cermatilah, jangan-jangan mereka ular berbisa.

Konon, sahabat yang baik ibarat penjual minyak wangi. Mereka tak akan menyia-nyiakan kita. Baik kita membelinya atau tidak, pedagang minyak wan­gi tetap menebar aroma harum dan menyenagkan. Sementara teman yang jahat ibarat tukang pandai besi, setiap saat bisa menyebabkan rumah atau baju kita terbakar, atau mendapat bau busuk.

============================================================
============================================================
============================================================