ricoh_wg-m2_featured_2-1500x1000RICOH ikut ramaikan pasar kamera aksi. Ricoh resmi umumkan kehadiran action cam terbarunya dengan nama WG-M2. WG-M2 merupakan kamera dengan kemampuan perekaman video berkualitas 4K Ultra HD. Kamera ini juga disebut-sebut memiliki lensa ultra-wide-angle, seperti dilansir Slashgear.com.

Oleh : Ananda Nasution
[email protected]

President Ricoh Jim Malcolm mengatakan kamera ini merupakan kamera terbaik dikelasnya baik pada sisi kualitas ataupun kemudahan peng­gunaan. “Ini lebih dari sekedar ka­mera aksi.”

Perusahaan juga mengklaim produk kamera aksi terbarunya ini 40 pers­en lebih ringan dan lebih kecil dibandingkan produk terdahulunya diseri kamera WG.

Ricoh WG-M2 ini menggunakan lensa ultra wide 204 derajat f2 yang setara dengan lensa 9mm. Lensa ini pun memiliki sudut pandang yang lebih lebar jika dibandingkan den­gan kamera action lain yang keban­yakan mempunyai sudut pandang hanya 150 derajat.

Selain itu, sensor 8MP 1/2.3 inci pada kamera ini pun bisa digunak­an untuk merekam video 4K 3840 x 2160 piksel pada kecepatan 30fps.

Sebagai sebuah ka­mera action, ketah­anan dari Ricoh WG-M2 ini pun tak perlu dipertanyakan. Ricoh mendesain kamera ini dengan de­sain yang mungil berdimensi 34.1 x 57.4 x 77.8 mm dan bobot hanya 136 gram.

Kamera ini bisa diajak berenang hingga 20 meter di bawah air, tahan suhu hingga -10 derajat Celcius, se­lain itu, kamera ini juga tahan ban­ting saat jauh dari ketinggian hingga 2 meter.

Ricoh WG-M2 ini dilengkapi dengan monitor LCD berukuran 1,5 inci 115k dot. Aplikasi Image Sync memungkinkan kamera ini untuk disinkronisasikan dengan se­buah smartphone. Dengan begitu, mengecek hasil perekaman video pun bisa dilakukan melalui ponsel ataupun komputer.

Rencananya Ricoh WG-M2 akan mulai tersedia pada April men­datang dengan harga US$ 299,95 atau sekitar Rp 4 juta. (/net)