BOGOR TODAY – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor menyer­bu SMA/sederajat untuk meng­galakkan program Jaksa Masuk Sekolah, Jumat (11/3/2016). Ini merupakan upaya memberi pendidikan hukum kepada pelajar SMA negeri maupun swasta.

“Ta­hun ini, kegiatan Jaksa Ma­suk Seko­lah dengan sasaran se­luruh SMA dan SMK se-Kota Bogor,” kata Ke­pala Seksi Intelijen Kejari Kota Bogor, Andhie Fajar Arianto, Jumat (11/3/2016).

Andhie menambahkan, ada tiga materi yang akan disampaikan dalam kegiatan jaksa masuk sekolah terse­but, yakni pencegahan peny­alahgunaan narkoba, pendi­dikan anti korupsi sejak dini dan bahaya kamtibmas yang mencakup kenakalan remaja. “Kami telah melayangkan su­rat kepada Dinas Pendidikan terkait rencana kegiatan ini, dan menyurati kepala sekolah untuk menyediakan waktun­ya bagi tim kami menjalankan tugas memberikan pendidi­kan hukum,” katanya.

BACA JUGA :  Tes Kepribadian: Sifat dan Karakter Tersembunyi Seseorang Diungkap dari Bentuk Kaki

Menurutnya, materi yang disampaikan terkait penyuluhan hukum dan penerangan hukum terhadap tiga kasus yakni nar­koba, korupsi dan kamtibmas.

Terkait narkoba, tim jaksa menerangkan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, dampak, proses hukum yang dijalani, dan ancaman hukum yang diatur dalam undang-un­dang narkotika. “Kita ingin pe­lajar menyadari betul bahaya penyalahgunaan narkoba dari sisi dampak yang ditimbulkan serta ancaman hukumannya,” imbuh Andhie.

Untuk materi pen­didikan anti ko­rupsi sejak dini, bertujuan untuk m e n c e ­gah praktik ko­rupsi dengan penguatan jaringan anti korupsi, kolusi dan nepo­tisme. Sehingga, upaya ko­rupsi dapat dicegah dengan kesadaran akan sanksi hukum yang ditimbulkan. “Materi ka­mtibmas seperti kenakalan remaja, tawuran, pelaku tin­dak pidana asusial di bawah umur. Kita sampaikan dari sisi hukumnya, dampak dan anca­manya,” kata dia.

BACA JUGA :  Labu Siam Ternyata Punya 12 Manfaat untuk Kesehatan, Simak Berikut Ini

Andhie menyebutkan, program jaksa masuk sekolah ini merupakan salah satu upaya Kejari Bogor dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, korupsi serta kamtibmas di Kota Bogor. Tim khu­sus akan dibentuk untuk memberikan penyuluhan ke sekolah-sekolah. “De­sember tahun lalu, kami sudah melaksanakan, teta­pi temanya hanya tentang korupsi. Tahun ini, kita buat lebih masif dengan cakupan tiga tema besar,” katanya.

Melalui kegiatan jaksa masuk sekolah ini, kata dia, diharapkan pelajar di Kota Bogor sebagai gen­erasi muda yang sadar hukum, lebih mengenal hukum sehingga menjauhi diri dari hukuman. (Ab­dul Kadir Basalamah|Yuska)

============================================================
============================================================
============================================================