Untitled-1Dalam soal semangat menanam pohon dan mele­starikan lingkun­gan, dunia usaha di Kota Bogor tampaknya perlu beguru dan meniru Hotel Braja Mustika, Cilendek. Hotel mi­lik keluarga Arief Daryanto ini memiliki komitmen yang tinggi dalam menanam dan merawat pohon. Rabu (9/3/2016) kema­rin, misalnya, Tim Bogor Hejo diizinkan untuk melakukan pe­nanaman 18 aneka pohon.

ALFIAN MUJANI
[email protected]

‘’Lingkungan hijau di area Hotel Braja Mustika ini sudah 65 persen. Tapi kami selalu bersemangat dan senang jika diajak menanam pohon,’’ kata Direktur Hotel Braja Mustika Ana Yosyana dalam sambutan jelang acara penanaman po­hon di area belakang hotel.

Yosy, panggilan akrab Anayosyana didampingi General Manager Convention Center Ana Sarana yang juga adik kandung Yosy, menjelaskan bahwa Arief Dharyanto seba­gai owner dan founder Braja­mustika Hotel tak mengizinkan pihak manajemen hotel men­ebang satu pohon pun yang su­dah ada lingkungan hotel.

Hotel Brajamustika me­mang berada di lingkungan yang masih sangat hijau, sejuk, dan udaranya sangat bersih. Di bagian belakang hotel terdapat koleksi aneka pohon termasuk pohon yang sudah jarang dite­mui seperti pohon kecapi, po­hon kemang, pohon bisbul, dan juga sejumlah pohon keras yang berfungsi menaham long­sor. Maklum di belakang hotel Hotel Braja Mustika mengalir Sungai Cisadane yang airnya sangat deras. ‘’Karena kami sangat menyintai lingkungan hijau, maka kehadiran Tim Bogor Hejo untuk menanam pohon di kawasan hotel kami, kami dukung dan kami sambut dengan senang hati,’’ kata Yosy.

BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

Penanaman pohon di Hotel Braja Mustika ini agak spesial. Selain bertepatan dengan peri­stiwa alam gerhana matahari total dan Hari Nyepi juga di­hadiri orang-orang istimewa seperti Ketua DPRD Kota Bo­gor H Untung W Maryono, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Ketua Gerakan Tanam Pohon Alumni Fahutan 28 IPB Dr Hari Priyadi, pakar pohon Dr Gun Gun Hidayat, warga Belanda Mr Ian, para relawan Bogor Hejo Tato Mar­sito, Amalia Dian, Indra, dan puluhan karyawan Hotel Braja Mustika.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 17 April 2024

‘’Apa yang dilakukan Hotel Brajamustika ini patus dicon­toh hotel-hotel lain di Kota Bo­gor. Meski kawasan ini sudah gondrong, tetapi masih terus bersemangat menanam po­hon,’’ kata Ketua DPRD Kota Untung W Maryono, ‘’Kalau se­mua perusahaan punya seman­gat seperti ini, saya yakin Kota Bogor akan segera kembali se­juk seperti pada tahun-tahun 1980-an,’’ tambah Untung.

Sebagai pakar pohon dan Ketua Gerakan Tanam Pohon Alumni Fahutan 28 IPB, Hari Priyadi memuji apa yang di­lakukan manajemen Hotel Braja Mustika. ‘’Mungkin akan menjadi daya tarik hotel yang luar biasa jika di kawasan yang masih kosong itu, ditanami pohon-pohon langka dan khas Kota Bogor. Sehingga para tamu hotel bisa menikmati wisata pohon langka,’’ katanya.

Meski acara menanam pohon ini dilakukan di hotel, kuis pohon sebagai salah satu metode edukasi tetap digelar dan dipandu oleh Amel. Se­jumlah hadiah seperti beras dan kaos souvenir dari Lom­bok dipersembahkan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono. (*)

============================================================
============================================================
============================================================