DSC07102Culinaire Van B ogor adalah tempat maka n bergaya cafe memiliki konse p gabunga n dari tiga ha l yang berbau vintage, retro, dikemas secara kekinian atau modern.

Oleh : Hesti Amelia
[email protected]

Cafe yang didirikan 25 Juli 2015, awal­nya hanya pendukung klinik kecan­tikan yang bersebelahan dengan Cu­linaire Van Bogor. “Saat survey lokasi ternyata sangat luas sekali. Keluarlah ide membuat kantin, sambil menunggu istri atau kekasih di klinik kecantikan, yang menunggu bisa sambil makan juga di sini,’’ kata James, pen­gelola Culinaire Van Bogor kepada Bogor Today.

Dari ide membuat kantin, lanjut James, berkembang menjadi warung, sampai akh­irnya menjadi cafe and resto. Saat itu tempat makanan dulu yang buka baru kliniknya. ‘’Sek­arang yang utama cafenya yang mendukung klinik. Kliniknya justru mengambil dari market restoran,” katanya.

Menurut James, modal awal membuka usaha ini Rp. 500.000.000-Rp. 700.000.000 untuk renovasi, izin, gaji pegawai, dan modal untuk membeli bahan selama tiga bulan ke depan. Setiap bulannya Culinaire Van Bogor dapat me­raup omset Rp. 100.000.000.

“Perjuangan dalam mendirikan usaha ini lumayan sulit. Karena pemilik Culinaire Van Bo­gor orang Jakarta dan Bogor, kurang mengerti karakteristik pasar di Bogor. Terutama dalam pencetakan menu, harga, sampai promo masih coba-coba,’’ kata James, ‘’Waktu awal sambu­tannya luar biasa, sampai di tengah jalan sem­pat drop, dan sekarang alhamdulillah pelanggan yang cari kami, kedepannya kami terus memikir­kan hal-hal baru seperti fasilitas, entertainment, dan membuat event agar pelanggannya tidak lari ketempat lain,” tambahnya.

Resto yang berlokasi di Jalan Pandu Raya Nomor 61, Bogor menyediakan berbagai macam menu. Mau makan berat atau sekedar nyemil juga bisa.

Makanan berat andalan Culinaire Van Bogor ada nasi goreng, spaghetti, roti bakar, dan mie ayam. Sedangkan minuman favoritnya ice lem­on tea, hot cappucino. Yang diandalkan di sini greenlantern, fruity squash untuk dua orang, bandrek, dan green tea. “Green tea couple jadi tekonya dan cangkir menjadi satu tapi bisa di lepas juga untuk berdua,” kata James.

Culinaire Van Bogor juga menyediakan des­sert andalan seperti five stars dan fantastic fanilla yaitu spons cake yang ditaburi ice cream. Kisaran harga makanan dan minuman di Culinaire Van Bogor dari Rp. 7.000-Rp. 55.000. “Makanannya lebih banyak 80 persen untuk anak muda, 20 persen umum,” lanjutnya.

Buat para pecinta kopi, jangan sampai tidak coba kopi susu di sini. Anda bisa datang di hari Senin-Jumat pada pukul 11.00-22.00 dan Sabtu- Minggu 11.00-23.00.

Memiliki lokasi yang sangat strategis dan tidah jauh dari tol Culinaire Van Bogor menye­diakan tempat yang nyaman. Terutama untuk anak muda yang paling penting tempat yang enak untuk nongkrong. Di sini juga menye­diakan tempat untuk foto-foto, bahkan wait­ers di sini inisiatifnya sangat tinggi. Begitu ada yang memegang kamera waiters-pun langsung mendekati konsumen untuk difoto.

Bagi Anda yang ingin merayakan ulang ta­hun dan foto buku tahunan di Culinaire Van Bogor sangat bisa dan sudah sering dilakukan di sini. Culinaire Van Bogor menyediakan tiga paket ulang tahun, paket rapat, dan paket foto.

Untuk paket ulang tahun Rp. 1.800.000 weekday, weekend Rp. 2.300.000 sudah mendapatkan kue, dekorasi, sewa ruangan satu tempat, makanan, dan minuman. Sedan­gkan paket rapat minimal 15 orang Rp. 75.000 perorangnya. “Ada juga paket minimum dining package, jadi terserah ingin membuat acara apapun sudah bisa memakai satu ruangan, asal minimum ordernya Rp. 1.500.000 tidak ada minimal orangnya,” terangnya.

Saat menjalankan bisnis ini Culinaire Van Bogor memiliki kendala di bidang SDM dan me­nyatukan ide terkadang tidak sama pemikiran­nya. Kalau diperhatikan di sini SDM-nya anak-anak muda yang baru lulus. Tujuannya agar aura anak mudanya dapat.

Culinaire Van Bogor sedang memberikan promo 15% setiap hari tanpa syarat selama bulan Maret. “Kedepannya kami ingin membuat acara-acara untuk anak muda, dan kemungkinan be­sar akan ditambah akustik live musik. Harapan­nya mudah-mudahan dapat tanggapan positif dari anak-anak muda di Bogor,” pungkasnya.

============================================================
============================================================
============================================================