BRI_logoJAKARTA, Today – PT Bank Rakyat In­donesia Tbk siap untuk menurunkan suku bunga kreditnya mengikuti kebi­jakan Bank Indonesia (BI) yang telah menurunkan suku bunga acuannya atau BI rate sebesar 25 bps menjadi 6,75 persen.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam mengatakan, penyesuaian suku bunga dievaluasi perseroan setiap bulan. “Kita evaluasi setiap bulan, berapa basis poin kita turunkan, kita akan lakukan itu. Karena begini, siapa yang ti­dak turunkan suku bunga kredit, ya bank-nya tidak akan didatengin nasabah. Kita me­masang juga kan di SBDK (Suku Bunga Dasar Kredit),” ujarnya, di Jakarta, Senin (21/3/2016).

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Bersihkan Usus Kotor Setelah Lebaran dengan 6 Makanan Ini

Namun, untuk menurunkan suku bunga kredit, Asmawi menjelaskan, pihaknya juga perlu menurunkan suku bunga deposito terlebih dahulu sebagai salah satu bentuk efisiensi perbankan. Setelah bunga deposito turun, dengan sendirinya suku bunga kredit juga akan turun.

“Yang jadi patokan kita sekarang adalah secara bertahap menurunkan tingkat suku bunga deposito, atau pin­dah dari bunga mahal ke bunga murah, ke tabungan atau ke giro, kemudian juga melakukan efisiensi dalam opera­sional cost. Kalau ini semua sudah tu­run, otomatis suku bunga pasti turun,” jelas dia.

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

Selain memangkas suku bunga de­posito, Asmawi menyatakan, pengu­rangan target dividen juga dimungkink­an, untuk memberikan efisiensi kepada perbankan.

“Bisa saja kita lakukan itu, tapi yang paling kita lakukan adalah mengefisien­sikan biaya operasional kita, cost of fund kita. Nah, sekarang BI kan sudah turunkan BI rate, OJK sudah beri insenstif, GWM juga sudah turun, secara bertahap inflasi juga turun, karena me­mang kita harapkan daya sa­ing terhadap bank-bank ASE­AN itu sama. Kita semua harus komit untuk itu,” ungkapnya.

(Winda/dtc)

============================================================
============================================================
============================================================