Untitled-8Selangkah lagi Man­chester City bakal mendobrak tradisi di kancah Liga Cham­pions. Usai menang 3-1 atas Dynamo Kiev pada leg pertama babak 16 besar, The Citizens kini gantian menjamu wakil Ukraina itu di Etihad Stadium, Rabu (16/3/2016) dinihari WIB. Jika mampu mempertahankan keung­gulan, untuk pertama kali sepanjang sejarah wakil Ing­gris ini menapaki semifinal.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Pencapaian terbaik Man­chester Biru sejak diakuisisi Syeikh Mansour sejak 2008 dalam gelaran paling bergengsi antar klub Eropa ini hanya men­capai babak 16 besar. Namun, langkah skuad asuhan Manuel Pellegrini itu takkan menemui kesulitan berarti dengan modal menang dalam laga tandang.

Tapi, The Citizens sedang berada dalam kondisi yang kurang prima setelah mereka ditahan imbang tim papan tengah Liga Primer Inggris, Norwich City akhir pekan lalu. Demi lolos ke babak delapan besar, Manuel Pel­legrini akan meracik strategi khusus untuk mengalahkan Dynamo Kiev.

Pellegrini masih tidak bisa memainkan Fabian Delph, Kevin de Bruyne, Samir Nasri yang masih bermasalah dengan cedera. Kondisi gelandang Yaya Toure juga diragukan untuk bermain lawan Liev. Ia dil­aporkan menglamai cedera lutut sehingga tidak ditu­runkan kontra Norwich City.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 18 April 2024

Dengan kondisi tersebut, Pellegrini kemungkinan akan menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan Sergio Aguero sebagai ujung tombak The Citizens. Di belakang Aguero, trio ge­landang kreatif Manchester City, Raheem Sterling, David Silva dan Jesus Navas akan membantu serangan Man­chester Biru.

Di kubu tim tamu, Dyna­mo Kiev jauh lebih siap meng­hadapi leg kedua ini. Pada leg pertama, mereka dalam kondisi kurang bagus lantaran Liga Ukraina libur panjang. Namun, dengan kembali di­gelarnya Liga Primer Ukraina, Kiev mulai membangun ritme permainan dan siap berkun­jung ke Etihad.

Pelatih Kiev, Serhiy Rebrov dikabarkan tidak bisa mem­bawa tiga pemainnya yang cedera saat melawat ke Man­chester. Ketiganya Denys Gar­mash, Mykola Morzyuk dan Olexandr Rybka. Selebihnya, seluruh punggawa Kiev siap tempur kontra The Ctiizens.

Rebrov sendiri bakal menerapkan permainan meny­erang dengan mengandalkan duet Aleksandar Dragovic dan Yehven Khacheridi untuk meredam serangan The Citi­zens. Di lini serang, Rebrov mengandalkan trio Derlis Gonzalez, Lukasz Teodorczyk dan Andriy Iarmolenko untuk meneror pertahanan City.

BACA JUGA :  Simak Ini, Makanan Vegetarian yang Bisa Jadi Pengganti Asupan Ikan

Peluang Bentrok Guardiola

Andai The Citizens lolos dan Bayern Munich juga mam­pu melewati Juventus, sebuah laga spesial bakal tercipta. Ya, Manchester City vs Bayern Munich. Uniknya, pelatih Mu­nich, Josep Pep Guardiola na­kal menggantikan Pellegrini di City musim depan.

Namun begitu, pelatih asal Chile ini tidak memperma­salahkan jika itu benar-benar terjadi. “Jika kami harus ber­main melawan Bayern, kami sudah pernah melawan mer­eka di dua musim terakhir. Kami akan memikirkan apa yang terjadi saat ini dan bu­kan masa depan, kami akan coba untuk melangkah ke fase berikutnya,” tegas Pellegrini

“Jika kami lolos, saya kira ada tim yang lebih baik atau lebih buruk. Saya lebih memil­ih menghindari satu atau dua tim tertentu, namun saya tidak akan mengatakannya. Silahkan tebak sendiri,” lanjut pria ber­ambut putih itu. (*/Net)

============================================================
============================================================
============================================================