524d565e1e8a8_oriMANILA, TODAY – Filipina akhirnya tetap menjadi salah satu tuan rumah Piala AFF 2016 setelah bisa memberikan surat kontrak dari pengelola stadion, dan mendapat jami­nan komite olahraga negara tersebut. Tuan rumah lainnya adalah Myanmar.

Kepastian itu diperoleh berdasarkan hasil rapat dewan federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) di Da Nang, Vietnam, Sabtu (12/3) malam WIB. Sebelumnya, AFF telah memberikan batas waktu, Jumat (11/3), ke­pada federasi sepakbola Filipina (PFF) untuk memenuhi persyaratan yang diminta.

Fase grup yang diikuti delapan negara akan digelar pada 19-26 November, dan final berlangung 17 Desember. Kendati laman AFF belum melansir peserta turnamen ini, seba­gian besar media Vietnam tak menyebutkan Indonesia sebagai salah satu kontestan.

Seperti diwartakan The Thao Thanh Nien, putaran final akan diikuti delapan neg­ara. Selain dua tuan rumah Myanmar dan Filipina, empat tim lainnya adalah juara ber­tahan Thailand, runner-up Malaysia, serta Singapura dan Vietnam. Dua lainnya diambil dari babak kualifikas

Grup A dilangsungkan di Myanmar, se­dangkan Grup B di Filipina. Drawing fase grup putaran final direncanakan dilangsung­kan di Yangon, Myanmar, pada 2 atau 3 Agus­tus.

BACA JUGA :  Kang Jaya Cup Mini Soccer Turnamen, Cegah Maraknya Kenakalan Remaja

Sementara babak kualifikasi digelar di Kamboja pada 13-22 Oktober. Di samping tuan rumah, babak kualifikasi diikuti Laos, Brunei, dan Timor Leste.

“Kami sangat senang mendapat dukun­gan dari dewan AFF, dan sekarang kami menatap ke depan, dan bekerja keras men­jadi tuan rumah yang baik untuk Piala AFF,” ujar sekjen PFF Atty Edwin B Gastanes diku­tip laman AFF.

“Masih banyak pekerjaan yang harus di­lakukan kedua tuan rumah, mengingat ini merupakan kali pertama kedua negara ini menjadi tuan rumah Piala AFF. Kami harus yakin bisa menggelar event ini.”

Stadion Philippines Sports yang berkapa­sitas 25 ribu tempat duduk akan menjadi venue utama Piala AFF. Sedangkan Stadion Rizal Memorial dengan kapasitas 12.500 tem­pat duduk menjadi opsi kedua.

Agenda AFF

2016 menjadi tahun sibuk bagi federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF). Selain Piala AFF, serangkaian turnamen mulai level klub hingga tim nasional bakal digelar di tahun ini.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di Final Swiss Open 2024

Dalam rapat dewan AFF di Da Nang, Viet­nam, kemarin, kegiatan pertama yang ber­langsung pada 8-16 Juli adalah kejuaran invi­tasi futsal antarklub. Event ini digelar di Nay Pyi Daw, Myanmar. Kejuaraan itu disponsor perusahaan agrikultur Malaysia, Felda.

Myanmar bakal menjadi negara yang pal­ing sibuk. Selain menjadi tuan rumah ber­sama Piala AFF dan kejuaraan invitasi futsal antarklub, Myanmar juga ditunjuk menjadi penyelenggara Piala AFF Putri di Mandalay pada 26 Juli hingga 4 Agustus.

Agenda lainnya yang berlangsung di 2016 adalah Piala AFF U-16 di Phnom Penh, Kam­boja, pada 10-23 Juli. Sedangkan Piala AFF U-19 digelar di Hanoi, Vietnam, pada 11-24 September.

Selanjutnya ada Piala AFF sepakbola pan­tai pada 5-13 Agustus di Da Nang Vietnam, dan Piala AFF Futsal di Bangkok, Thailand, yang digulirkan 31 Oktober hingga 6 November.

Piala AFF menjadi puncak dari seluruh agenda komunitas sepakbola Asia Tenggara ini. Ajang itu digelar di Myanmar dan Filipina pada 19-26 November. Sedangkan partai fi­nal dilangsungkan 17 Desember.

(imam/net)

============================================================
============================================================
============================================================