Untitled-1WARGA Kota Bogor kian antusian menanam pohon untuk menyelamatkan air dan udara. Gerakan Bogor Hejo yang dimotori Alumni Fahutan 28 IPB, RAPI Kota Bogor, dan Koran Harian Bogor Today, Minggu (13/2/2016) berlangsung di Taman Yasmin Sektor III, RT 09/08. Kelurahan Curug Mekar, Bogor Barat.

HENDI NOVIAN
[email protected]

Di pagi hari yang ce­rah, puluhan warga setempat sudah memadati taman sebelum dilaksanakan penanaman pohon buah. Seperti biasanya acara yang selalu dibuka dengan ramah tamah serta perkenalan dari tim Bogor Hejo maupun dari warga setempat.

Hadir dalam kegiatan terse­but Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono, Ketua Gerakan Tanam Pohon Alumni Fahutan 28 IPB Hari Priyadi bersama isteri, Sekretaris Bo­gor Hejo Tato Manto, Perwaki­lan Alumni Fahutan Angkatan 28 Suparno Bayinto, Perwaki­lan Bogor Today Amalian Dian Puspitasari, Perwakilan RAPI Kota Bogor.

Permainan tebak bibit po­hon pun semakin seru ketika Amel, panggilan Amalian Dian dengan suara genitnya me­mandu acara kuis pohon. Bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapat hadiah beras 2,5 kg dari Heri Cahyono.

Menurut Hari Priyadi, Kota Bogor sudah sewajarnya melakukan rehabilitasi lingkungan dengan menanam po­hon. “Menanam pohon bisa menyelamatkan bumi, air, dan udara. Akan lebih baik lagi jika hasil dari pohon ini bisa dikon­sumsi oleh warga,’’ katanya.

BACA JUGA :  Baliho di Jalan Raya Sawangan Depok Roboh Diterjang Hujan Deras, Timpa Innova

Berbeda dengan Heri Cahyon. Sebagai sarjana Kehu­tanan, Heri merasa terpang­gil untuk melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai aneka jenis pohon, manfaat menanam pohon, dan bah­kan dampak dari penanaman pohon dalam meningkatkan kualitas hidup.

‘’Yang memerihatinkan, sekarang ini banyak warga masyarakat yang sudah tidak tahu lagi nama-nama pohon, termasuk nama pohon buah. Padahal, buahnya sendiri sering mereka makan,’’ ujar Heri

Sementara Ketua Rukun Tetangga 09/08 Andar Mulyana mengatakan, menanam pohon adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena itu, Andar sapaan akrab bapak dua anak ini melibatkan sejum­lah anak yang masih duduk di bangku SD untuk ikut mena­nam pohon.

Ia berharap dengan dilibat­kannya anak-anak kelak akan menjadi penerus bangsa yang peduli akan lingkungannya. “Sengaja saya ajak anak anak agar kelak mereka bisa men­jadi penggerak lingkungan dan semoga mereka bisa menjadi pelopor. Tertanam rasa cinta lingkung dibenaknya,” ucap Andar.

Bapak yang diberikan amanah oleh 28 Kepala Kelu­arga ini terus berinovasi untuk menghijaukan lingkungannya. Ia dibantu sang isteri bahu membahu membangun ling­kungan yang bersih dan sehat. Program pun terus diramu, salah satunya dengan pen­dekatan terhadap kaum ibu melalui pengajian yang rutin diikuti seluruh ibu ibu peruma­han Taman Yasmin Sektor III. “ Lewat isteri, saya minta agar bisa saling membantu dalam membangun lingkungan. Ka­rena ibu ibu pasti bisa lebih aktif dibanding dengan bapak-bapaknya,” kata Andar.

BACA JUGA :  Bima Arya Ajak Ratusan PKWT Ngaliwet, Siap Perjuangkan Kesejahteraan

Kedepan Andar bersama warga tentu akan memelihara setiap pohon yang telah di­tanam di lingkungan tempat tinggalnya dengan dibantu dua orang petugas khusus yang me­nangani taman tersebut Andar yakin dengan menanam po­hon mampu memberikan kon­tribusi yang baik bagi Kota Bo­gor, mengingat udara di Kota Bogor kini kian terasa panas. “Galakan cinta tanam pohon minimal dari lingkungan tem­pat tinggal sendiri agar mengu­rangi panas Kota Bogor, karena dengan menanam setidaknya kita bisa mengurangi sedikit polusi kota namun tentunya kita butuh kekompakan untuk memelihara yang sudah ditan­am,” ujarnya

Di ujung acara tim Bogor Hejo terlibat diskusi akrab ber­sama warga sembari menikma­ti hidangan makan yang sudah disediakan warga di halaman rumah Ketua Rukun Tetangga 09/08. Dalam perbincangan kecilnya Andar berpesan melalui Wartawan Bogor Today agar kegiatan penanaman po­hon terus dilaksanakan. “ Mas tanam pohon ini harus terus dipertahankan, ini sangat ba­gus dan mendidik warga agar peduli akan lingkungan” tut­upnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================