2016-mini-clubman-experienced-in-person-not-what-you-may-expect-97836_1MINI Indonesia akhirnya resmi meluncurkan generasi baru dari Clubman. M eski sedikit telat, tapi ternyata Clubman terbaru ini s udah ditunggu oleh konsumen di Tanah Air.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
hilman [email protected]

Jeo Surya, Presiden Direktur Maxindo, dealer resmi Mini di Indonesia, mengatakan, untuk Clubman ter­baru ini sudah banyak dinanti, bahkan yang melaku­kan inden sudah ada sejak Desember 2015 lalu. “Responsnya positif, banyak yang sudah nunggu, bahkan

udah ada yang inden sejak Desember lalu. Jumlah pesanan inden sampai saat ini terakhir saya lihat sudah di atas 10 unit,” ucap Joe selesai seremoni peluncuran.

Kalau untuk unit, lanjut Joe, paling banyak dipesan itu adalah Club­man Cooper S dengan mesin 2.0 cc. Sedangkan sisanya Cooper biasa. “Untuk Cooper S sekitar 8 unit, sisanya Cooper biasa. Kami akan mulai antar paling lambat akhir bulan ini, sedangkan yang baru pesan sekarang paling tidak harus tunggu sekitar satu sampai dua bulan, karena barang kita impor langsung dari Jerman,” ucap Joe.

Khusus untuk Clubman Cooper S yang menjadi varian tertinggi dengan mesin 2.000 cc untuk Indonesia diklaim dipasarkan den­gan fitur lebih lengkap.

Sementara itu, Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania mengatakan, kinerja penjualan se­cara keseluruhan untuk model Mini pada 2016 sudah mengalami kenaikan.

“Total untuk semua varian MINI dari bulan Januari sampai Feb­ruari sudah 23 unit, tapi kalau khusus Clubman nanti dulu, kita liat data karena ini juga baru diluncurkan,” ujar Jodie.

Dari segi kelengkapan fitur tidak sama. Khusus untuk Clubman Cooper S yang menjadi varian tertinggi dengan mesin 2.000 cc untuk Indonesia diklaim dipasarkan dengan fitur lebih lengkap.

Untuk model Cooper dengan mesin tiga silinder, baik dari tampilan interior dan fitur sama saja dengan versi yang diluncur­kan di Singapura. Secara tampilan, lanjut Ariefin, mungkin hanya beda pada bentuk pelek saja, hal ini biasa karena Mini punya ban­yak model opsional.

Generasi Clubman dengan dimensi bodi yang lebih besar di­pasarkan mulai dari Rp 699 juta untuk tipe Cooper 3 silinder, se­dangkan Cooper S seharga Rp 869 juta, off the road. (*/net)

============================================================
============================================================
============================================================