Untitled-1Bagi Ketua DPD PAN Kota Bogor Drs Sa­frudin Bima M.Si kegiatan menanam pohon merupakan bagian penting dari proses pem­bangunan bangsa. ‘’Ada ban­yak fase dalam pembangunan, yakni pembangunan ekonomi, sosial, politik, dan ekologi. Nah, kegiatan menanam pohon ini merupakan pembangunan ekologi,’’ katanya dalam samb­utan pengantar acara mena­nam pohon bersama Tim Bogor Hejo di halaman Kantor DPD PAN Kota Bogor Jl Ciwaringin 2/3, Jumat (11/2/2016).

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Karena itu, lanjut Safru­din, kegiatan menanam pohon setiap hari yang dilakukan Tim Bogor Hejo, Surat Kabar Har­ian Bogor Today dan RAPI, tidak bisa dianggap sebelah mata. ‘’Percuma saja kita ber­hasil melakukan pembangunan ekonomi, sosial, dan politik jika pembangunan ekologinya tidak dilakukan,’’ katanya.

Selain itu, menurut Safru­din, apa yang dilakukan Surat Kabar Harian Bogo Today mel­alui Gerakan Bogor Hejo ini, merupakan sebuah upaya cer­das menanamkan kesadaran baru, menumbuhkan kembali rasa cinta masyarakat terhadap pohon dalam rangka mencip­takan lingkungan hidup yang hijau, asri, sejuk dan sehat.

Baca Juga :  Dewan Soroti Pembangunan Eks Gedung DPRD Kota Bogor

Menurut Safrudin, pohon memiliki begitu banyak man­faat bagi kehidupan umat ma­nusia dan mahluk hidup lain­nya. Di manapun ada manusia dan mahluk hidup, harus ada pohon. ‘’Termasuk di peka­rangan rumah kita harus ada pohon. Jika di pekarangan ru­mah tak ada pohon, kemungki­nan besar penghuni rumah itu akan menderita penyakit Ispa (infeksi saluran pernafasan atas),’’ katanya.

Karena itu, Safrudin men­gajak seluruh kader PAN (Partai Amanat Nasional) untuk me­mulai membiasakan diri mel­akukan penananam pohon di pekarangan masing-masing, di komplek pemukiman tempat tinggalnya, dan di masyarakat luas. ‘’PAN mendukung penuh gerakan penanaman pohon setiap hari yang dilakukan Su­rat Kabar Bogor Today ini,’’ katanya.

Penanaman pohon di DPD PAN ini merupakan penana­nam pohon kali pertama yang dilakukan Bogor Hejo di kan­tor partai politik. Selama ini Tim Bogor Hejo selalu mena­nam pohon di sekolah-sekolah, perkantoran, hotel-hotel, dan pemukiman. ‘’Ini merupakan kantor partai politik pertama yang kami tanami,’’ ujar Pem­impin Redaksi Surat Kabar Har­ian Bogor Today Alfian Mujani.

Baca Juga :  Kelurahan Harjasari Bogor Selatan Diterjang Angin Kencang, Puluhan Rumah Hancur

Hadir dalam acara pena­naman pohon ini Ketua KPUD Kota Bogor Undang Suryatna, para ketua DPC PAN Bogor Barat, ketua DPC PAN Bogor Selatan, Ketua DPC PAN Bogor Timur, para Ketua KOWAN PAN Zakiyah, anggota MPP PAN Kota Bogor Taufikurrahman, para relawan Bogor Hejo Ama­lia Dian, Indra, Habib Rifki Ah­mad Alaydrus dan Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito.

Meski menanam di kantor partai, Amel, panggilan Amalia Dian, tetap membawakan kuis pohon berhadian beras 5 kil­oan dan payung dari Bank BJB, sebagai bagian dari edukasi. (*)