sikatgigiguyBanyak orang yang berpikir menyikat gigi harus kencang dengan durasi waktu agak lama. Tujuannya agar gigi tetap bersih dan putih. Padahal, kebiasaan seperti itu justru merusak gigi.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Banyak orang menyikat gigi ter­lalu keras, karena ingin maksimal membersihkan giginya atau memu­tihkan gigi. Padahal, cara itu justru akan menimbulkan masalah baru pada gigi, yaitu abrasi gigi. Abrasi gigi, yaitu hilangnya email gigi atau lapisan luar yang me­lindungi gigi.

“Kalau lapisan email gigi hilang, lapisan gigi bagian dalam jadi tidak terlindungi. Akibatnya gigi menjadi linu,” ujar dokter gigi, drg. Far­ichah Hanum, M.Kes.

Proses menyikat gigi yang salah ini memicu gigi menjadi sensitif atau terbukanya bagian dentin. Tandanya, gigi akan terasa ngilu ke­tika minum panas atau dingin. Hanum men­gatakan, sikat gigi tidak perlu terlalu keras atau terlalu ditekan, tetapi menyikat lah den­gan benar. Selain itu, hindari penggunaan si­kat gigi dengan bulu sikat yang keras.

“Saya banyak temui pasien merasa takut kalau nanti nggosok giginya nggak kencang dan nggak lama terasa tidak bersih. Padahal, gosok gigi tidak perlu dengan kekuatan besar dan pakai bulu sikat yang keras. Yang penting caranya tepat,” tuturnya.

BACA JUGA :  5 Makanan Bikin Cepat Pulih dari DBD, Simak Ini!

Dia mengatakan, abrasi pada gigi menjadi­kan lapisan email terkikis dan lapisan gigi ba­gian dalam tidak terlindung. Dampaknya, ter­jadi gigi sensitif yang mudah terasa nyeri dan ngilu dan membuat ketidaknyamanan ketika mengonsumsi sesuatu.

“Selain karena abrasi, masalah gigi sensi­tif juga bisa disebabkan karena kelainan pada gigi yang umumnya berupa karies alias gigi berlubang. Belum lagi umumnya seseorang tidak menyadari ada lubang pada giginya, terutama jika lokasi gigi di posisi belakang dan jarang bisa dirasakan,” ujarnya.

Sikat gigi bagian samping, depan, dan dalam secara perlahan. Jangan lupa untuk me­nyikat bagian gigi geraham. “Jadi, sikat gigi ti­dak perlu terlalu bersemangat dengan kekua­tan besar,” imbuh Hanum.

Cara mudah menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan melakukan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

BACA JUGA :  Minum Air Lemon untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah? Simak Ini

Menyikat gigi dengan benar dan dua kali sehari, dapat mencegah terjadinya gigi ber­lubang hingga penyakit gusi. Menjaga kes­ehatan gigi dan mulut sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan lain pada tubuh.

Terkait cara sikat gigi yang benar, dia me­nyarankan menggunakan sikat gigi lembut berbahan nilon berbentuk lingkaran untuk menghindari iritasi gigi dan kerusakan gusi.

“Saat menyikat gigi, letakkan bulu sikat di sepanjang garis gusi pada sudut 45 derajat dan pastikan bulu terhubung pada kedua permu­kaan gigi dan gusi. Lalu, sikat dengan lembut bagian permukaan gigi bagian luar, kemudian permukaan bagian dalam gigi dengan gerakan ‘bergetar’ ke belakang dan gerakan berputar. Miringkan sikat secara vertikal di belakang barisan depan gigi. Buat beberapa gerakan naik dan turun menggunakan setengah sikat depan. Tempatkan sikat pada sela gigi dan gunakan bagian belakang yang lembut untuk menyikat lidah guna menghilangkan bakteri penghasil bau,” terangnya.

============================================================
============================================================
============================================================