Untitled-5BOGOR, Today  – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor dalam waktu dekat akan mem­buka program ‘Kelas Karakter’ bagi siswa SMA/SMK. Program ini akan mendidik 150 siswa pilihan hasil seleksi dari puluhan SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Kota Bogor untuk dijejali materi pendidikan karakter dari narasumber yang dihadirkan.

“Sebetulnya dilaunching awal 2016 lalu, namun ada kendala teknis sehingga tertun­da. Insya Alllah pada Maret ini dikenalkan kepada publik,” kata Kepala Bidang Pen­didikan Menengah Disdik Kota Bogor, Jana Sugiana.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Diharapkan, dengan dibukanya ke­las berkarakter ini terbentuk siswa yang berkarakter dari segi afektif, kognitif, dan perilakunya. “Nantinya para siswa akan dibekali langsung, berbagai materi pembe­lajaran pembentukan karakter dengan cara langsung bertatap muka, ataupun kunjugan bersama para narasumber yang notabene, merupakan pendidikan yang berpengalaman,” paparnya.

Lanjutnya, kelas karakter ini meru­pakan program baru, dan diwacanakan akan rutin dilakukan tiap tahun, seb­agai aplikasi konkrit ide Bogoh ka Bo­gor yang dicanangkan Pemkot Bogor. “Nantinya, dari 150 peserta akan dis­eleksi 20 peserta terbaik yang akan diberi beasiswa pendidikan ke jenjang universitas oleh Pemerintah Kota Bogor,” ungkap Jana.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Edgar Suratman menuturkan, kelas karakter akan baru diselenggarakan pada 28 Maret ini. Terlebih nantinya, keg­iatan ini akan dilgelar dalam dua kali dalam s a t u bulan setiap hari Sabtu. “Ke­las karakter ini adalah wadah yang di­harapkan akan mengembangkan nilai-nilai karakter,yang baik pada siswa, sejalan den­gan visi misi program Dinas Pendidikan Kota Bogor yakni, Ngobogor, ” harapnya .

(Latifa Fitria)

============================================================
============================================================
============================================================