Untitled-9LEICESTER, TODAY – Kepolisian di kota Leicester sudah bersiap-siap menghadapi keamanan saat tim kebanggan kota itu, Leicetser City, berkiprah dalam Liga Cham­pions musim depan.

Tim yang bermarkas di King Power Stadium itu, saat ini tengah memuncaki klasemen Liga Primer Inggris dengan keunggulan lima poin atas Tottenham Hotspurs, menyisakan tujuh pertandingan lagi untuk dimainkan.

Berkat selisih 16 poin dari West Ham United di posisi lima, Leices­ter memang terlihat sudah di am­bang Liga Champions.

Untuk benar-benar memasti­kan partisipasi di Liga Champions musim depan Leicester membutuhkan sembilan poin lagi, meski sejauh ini Ra­nieri tak mau membahas yang belum terjadi. Para pemainnya pun cuma mau membahas laga satu per satu saja.

Pun begitu, Kepolisian Leicestershire justru telah memulai perencanaan untuk menghadapi lawatan dari tim-tim terbe­sar Eropa ke King Power Stadium.

“Kami bukannya mau bikin sial atau semacamnya. Tapi kalau situasi terus ber­lanjut, maka Liga Champions sudah amat dekat. Dan kami harus siap karena belum pernah lagi menghadapi partai sepakbola Eropa sejak 2000, ketika Leicester men­jadi tuan rumah Piala UEFA,” ucap Wakil Phil Kay di Sky Sports. Kepala Polisi Leicestershire,

“Saya sebenarnya sudah agak-agak memprediksikan hal ini bulan Oktober lalu. Akan luar biasa kalau mereka bisa meraih gelar dan saya pikir mereka memang akan melaku­kannya. Dan kendatipun saya tak mau membayangkan ter­lalu jauh, saya sudah tak sabar sampai mereka meraih gelar sehingga kami bisa memulai persiapan karena saat itu selu­ruh laga-laga di musim Eropa juga akan selesai.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 17 April 2024

“Maka kami harus bicara ke klub saat ini juga, memulai per­siapan sekarang, dan saya pikir itu membuat waktu tidak akan terbuang sia-sia,” bebernya.

Tak cuma itu, para op­sir polisi yang bertugas un­tuk pengamanan laga-laga kandang Leicester, di bawah pimpinan Kay, bahkan sudah berada di London Utara untuk membantu Kepolisian Metro­politan ketika Arsenal men­jamu Barcelona bulan lalu dan bekerja sama dengan Kepoli­sian Greater Manchester ketika Manchester City menjamu Dy­namo Kiev pada pekan lalu.

“Itu pengalaman yang benar-benar berharga. Tu­juannya adalah agar lebih memahami nuansa berbeda ketika sebuah tim Inggris ber­main menghadapi lawan dari Eropa. Jelas ada hambatan bahasa dan kami juga sudah mengirim permintaan internal kepada staf kami untuk men­getahui seberapa banyak yang menguasai bahasa-bahasa di Eropa; ada dinamika terkait UEFA yang cenderung datang dan mengambil alih stadion se­lama beberapa hari di sekitar pertandingan. Itu merupakan pengalaman yang juga kami dapat ketika menyelenggara­kan Piala Dunia Rugby di King Power Stadium,” papar Kay.

BACA JUGA :  JELANG LAGA MALAM INI, TIMNAS VS AUSTRALIA

“Kami juga belajar tentang kebiasaan para suporter dari negara-negara berbeda. Jadi suporter Spanyol biasanya tak jalan bergerombol dan kalau Leicester nanti jumpa tim Spa­nyol maka dukungan untuk tim tandang akan banyak datang dari orang-orang Spanyol yang berdomisili di Inggris. Kalau kami bertemu Bayern Munich, misalnya, yang juga sebuah kemungkinan, kami mungkin akan kedatangan 4-5 ribu su­porter yang akan berada di sini seharian dan ingin datang ke stadion bersama-sama.

“Kemudian kalau kami ber­jumpa sebuah tim dari Spanyol maka akan ada nuansa ber­beda lagi karena kami punya populasi besar orang Polandia di sini. Ini semua adalah men­genai menelaah kebangsaan dan kultur dari suporter yang akan datang ke sini, berusaha tidak mendahului nasib, dan memahami kelebihan dan kekurangan seputar hal itu,” tuturnya.

“Secara umum kami akan bertugas seperti halnya ketika laga Premier League. Kami akan bersikap sebagai tuan rumah yang hangat. Kami ingin orang-orang merasa aman, bersenang-senang, dan pulang dengan kesan bagus akan Leicester City, kota ini, dan juga Kepolisian Leicester­shire,” katanya.

(Rishad/Net)

============================================================
============================================================
============================================================