centenario_03_highMESKI hampir memasuki min­ggu ketiga sejak melangsung­kan World Premiere di Geneva Motor Show 2016 lalu, masih banyak sisi misterius dari so­sok lakon teranyar dari pabri­kan supercar yang bermarkas di Sant’Agata Bolognese ini.

Lamborghini Centenario terlahir sebagai ‘hadiah’ mem­peringati seratus tahun hari jadi sang founder, Feruccio Lamborghini. Eksistensinya di bursa mobil bertenaga tinggi pun dibuat sedemikian eksklu­sif dengan hanya 40 unit yang akan diedarkan di seluruh du­nia. Padahal, harga mobil ini ti­daklah murah yakni mencapai angka 1,75 euro atau sekitar Rp 25,2 miliar, Itu pun belum ter­masuk pajak.

Centenario mengambil plat­form dari Aventador dan men­gubahnya ke dalam bentuk yang lebih ekstrim untuk ber­gabung dengan model produk­si terbatas Lamborghini lain­nya seperti Reventon, Veneno, Aventador J, dan juga Sesto El­emento yang mana semuanya sudah ludes terjual.

Selain memanfaatkan ma­terial carbon fiber sebagai pembungkus kulit terluar yang kian kompleks sekaligus esensi dari carbon fiber monocoque chassis miliknya, Centenario memiliki tenaga sebesar 770 hp yang siap dihembuskan dari mesin V12 terhebat bikinan Lamborghini.

Dengan pacuan mesin terse­but, Lamborghini Centena­rio hanya butuh 2.8 detik saja untuk mencapai kecepatan 100km/jam dari titik nol. Se­mentara top speed yang mam­pu ia raih diklaim menembus angka 350 km/jam.

CEO Lamborghini Stephan Winkelmann menjelaskan bah­wa Centenario adalah wujud dari komitmen Lamborghini dalam rangka memberikan de­sain baru dan inspiratif pada para penggemarnya.

“Centenario adalah mobil sempurna yang menggabung­kan tradisi dan inovasi. Ini ter­lihat dari masa depan, namun tetap menghormati legenda Ferruccio Lamborghini,” kata Winkelmann.

(hilman/net)

============================================================
============================================================
============================================================