Untitled-2Bagi Kepala BPN Kota Bogor Yulia J Nirmawati, menanam po­hon itu merupakan pekerjaan mulia. Meski hasilnya tak bisa lang­sung dirasakan, namun kegia­tan menanam pohon dipastikan akan memberi manfaat yang luar biasa bagi masyarakat luas.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

‘’Karena merupakan peker­jaan mulia, maka menanam po­hon harus kita lakukan dengan senyum dan penuh rasa cinta kasih,’’ ujar Yulia saat mem­berikan sambutan pada acara menanam pohon bersama Tim Bogor Hejo di Komplek Peruma­han Terra Maharani Jl Ciburial Ciparigi, Bogor Utara, Kota Bo­gor, Senin (21/3/2016).

Menurut Yulia, karena po­hon yang ditanam dengan se­nyum dan cinta kasih itu, akan tumbuh lebih cepat dan subur. ‘’Pohon-pohon yang saya tanam bersama Bogor Hejo dan Ketua DPRD serta Wakil Ketua DPRD beberapa waktu lalu di Kantor BPN Kota Bogor tumbuh subur dan relatif cepat,’’ katanya ber­cerita.

Hadir dalam acara ini Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono dan Sopian Ali Agam, owner dan manajemen Peruma­han Terra Maharani Henky M Soebiantoro, Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Alfian Mujani, Sekretaris Bogor Hejo Tato Mar­sito, para relawan Bogor Hejo Amalia Dian Puspitasari, Yuni­ar, Indra, Ira, Ricky, Agung, dan para karyawan Terra Maharani.

BACA JUGA :  Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Pemotor di Purwakarta Tewas

Dipilihnya Terra Maharani sebagai lokasi penanaman oleh Tim Bogor Hejo bersama Kepala BPN Kota Bogor karena pengembang perumahan terse­but memiki komitmen yang kuat untuk menyediakan lahan hijau minimal 20 persen dari total lahan yang dikembangkan.

‘’Saya ingin membangun ka­wasan pemukiman yang benar-benar hijau, sejuk dan nyaman bagi para penghuninya. Karena itu, di area ini saya sediakan 3000 meter persegi untuk me­nanam pohon,’’ ujar Henky, ‘’Sebagai pengusaha, tentu saya ingin meraih untung tetapi saya tidak mau mencuri area terbuka hijau,’’ tambahnya.

Konsistensi Henky dalam menyediakan lahan terbuka hijau dan sudah ditanami an­eka pohon—termasuk pohon langka—patut diapresiasi dan diangkat ke permukaan. ‘’Saya berharap apa yang dilakukan Pak Henky menjadi inspirasi bagi pengembang lain, sehingga mereka juga mau menyedia­kan lahan terbuka hijau sesuai ketentuan perundang-undan­gan,’’ kata Alfian Mujani.

Sopian dalam kapasitas se­bagai Wakil Ketua DPRD Kota Bogor juga mendukung penuh langkah Henky dalam memban­gun kawasan pemukiman ber­wawasan lingkungan. Sehingga, meski jumlah rumah di Terra Maharani ini hanya 49 unit, tetapi memiliki ruang hijau ter­buka lebih dari 3.000 meter persegi.

BACA JUGA :  Minuman Pelepas Dahaga dengan Es Cincau Serut Gula Merah yang Manis Pas

Di lahan ini sudah terdapat aneka pohon buah seperti sawo kecil, menteng, rambutan, duri­an, cengkih. Pohon yang dibawa Tim Bogor Hejo yakni pohon buah jambu jamaika, manggis, menteng, nangka, sirsak, dan alpuket melengkapi koleksi po­hon yang sudah dimiliki Terra Maharani.

Sebelum penanaman po­hon dilakukan, Amel panggilan Amalia Dian, memandu kuis po­hon sebagai salah satu metode yang digunakan Tim Bogor Hejo dalam melakukan edukasi po­hon. Kuis pohon ini berhadian paket sembako dari Yayasan In­dera Surya, beras dari donatur Bogor Hejo, dan kaos dari Heri Cahyono.

Para pegawai Terra Maha­rani tampak terhibur dengan kuis ini. Mereka berlomba men­jawab pertanyaan sekitar nama pohon dan manfaat pohon yang diajukan Amel. Acara diakhiri dengan makan siang bersama yang sudah disediakan Henky.

============================================================
============================================================
============================================================