Untitled-13JUVENTUS mengemban misi mustahil dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions di markas Bayern Munich, Allianz Arena, Kamis (17/3/2016) dinihari WIB. Hasil imbang 2-2 pada leg pertama di Juventus Stadium, membuat langkah Paul Pogba cukup berat.

RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Pasalnya, tim tuan rumah dalam kepercayaan diri tinggi usai menang 5-0 atas Werder Bremen di kandang sendiri akhir pekan lalu. Terlebih, The Bavarians hanya perlu hasil imbang tak lebih dari 1-1 untuk memastikan tiket perempatfi­nal usai mengantongi dua gol tandang.

Hasil imbang 2-2 di leg per­tama memang tak mengun­tungkan bagi Juventus. Namun, penampilan anak asuh Massimil­iano Allegri di pertemuan perta­ma jelas menjadi sinyal ancaman bagi Bayern Munchen karena ha­sil itu didapat setelah Die Roten unggul dua gol lebih dahulu.

Selain itu, Juventus memi­liki waktu yang cukup untuk memulihkan diri setelah laga berat melawan Sassuolo akhir pekan lalu. Namun, Allegri juga tengah was-was menanti beber­apa pemain andalannya yang tengah menjalani pemulihan cedera.

Minus Martin Caceres yang dipastikan absen karena men­galami cedera parah, Bianconeri juga masih menanti kondisi dari bek tangguh, Giorgio Chiellini yang kondisinya terus dipantau hingga menit-menit akhir jelang pertandingan.

Selain Chiellini, jawara Serie A empat musim terakhir ini juga menanti kondisi penyerang uta­ma mereka, Mario Mandzukic. Mantan penyerang Bayern Mu­nich mengalami cedera ringan pada pahanya saat melawan Sas­suolo. Andai tanpa Mandzukic, Allegri tampaknya akan mem­percayakan nama Alvaro Morata untuk mendampingi Paulo Dy­bala di lini depan.

Kabar terbaru yang tak menggembirakan dari markas Juventus juga menyebutkan bahwa Claudio Marchisio juga bisa absen pada lawatan ke Jer­man kali ini. Gelandang tang­guh Si Nyonya Tua tersebut dikabarkan cedera pada otot betisnya.

BACA JUGA :  Film Kiblat Menuai Kontroversi, MUI Beri Alasannya

Dari kubu tuan rumah, pelatih Josep Pep Guardiola juga memiliki masalah cedera di lini belakang mereka. Jerome Boateng (cedera betis) dan Hol­ger Badstuber (cedera engkel) akan absen pada laga tersebut, sementara Javi Martinez -yang sudah kembali berlatih- bisa kembali bermain meskipun tak dari awal pertandingan.

Dengan target yang lebih mudah, yakni minimal bermain imbang tanpa gol atau imbang tak lebih dari satu gol untuk lolos ke perempat final, tuan rumah memiliki kans besar un­tuk lolos. Apalagi nama-nama seperti Arjen Robben, Arturo Vidal, Douglas Costa hingga Robert Lewandowski siap un­tuk bermain. Bahkan tiga nama pertama diistirahatkan Guar­diola saat melawan Werder Bre­men akhir pekan lalu.

Ogah Main Imbang

Hasil 0-0 melawan Juventus sudah cukup untuk meloloskan Bayern Munich ke perempatfi­nal Liga Champions. Penyerang Bayern, Thomas Mueller men­egaskan timnya akan berusaha lolos dengan mencetak gol.

Di pertandingan ini, Bay­ern masih difavoritkan. Sejak dihantam 0-4 Real Madrid pada 2014, pasukan Bavaria itu belum pernah kalah lagi saat bermain di depan publiknya dengan mencatatkan sembilan kemenangan.

Namun, tidak akan gam­pang untuk menumbangkan Juve. Pertemuan di Turin men­jadi buktinya. Setelah kebobo­lan oleh Mueller dan Arjen Robben, Bianconeri berbalik menjadi sangat agresif sehingga berhasil menciptakan dua gol balasan lewat Paulo Dybala dan Stefano Sturaro.

“Tidak, kami bukan tim yang menyukai hasil 0-0. Tapi seandainya itu jadi hasil akhirnya, kami akan dengan senang menerimanya,” kata Mueller kepada fcbayern.de.

“Aku yakin mereka akan bertahan lagi. Kami ingin ber­main bagus dan mendominasi pertandingan dari awal, dengan dukungan suporter kami dan memaksimalkan peluang-pel­uang sejak awal. Aku percaya diri, tapi kami sudah diperin­gatkan karena Juventus mampu mencetak dua gol meskipun peluang mereka cuma sedikit di leg pertama,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Mudik Lebaran Naik Bus? Ini Dia 5 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan

“Mereka punya kualitas yang besar. Kami harus waspada. Per­tandingan nanti akan berlang­sung sengit, seperti yang terjadi di Liga Champions. Ini adalah duel besar untuk laga babak 16 besar, tapi begitulah adanya,” sambung Mueller, yang sudah mencetak enam gol dalam tujuh penampilan di kompetisi ini.

Paulo Dybala dan Claudio Marchisio cedera sehingga di­pastikan absen dalam lawatan ke Allianz Arena. Misi Juve untuk mengamankan tiket perempat final kian berat. “Paulo Dybala dan Claudio Marchisio akan sama-sama absen dalam laga hari Rabu malam di Liga Champions melawan Bayern Munich di Al­lianz Arena,” demikian bunyi pernyataan Juve di situs res­minya.

Dybala yang meninggalkan sesi latihan, Senin (14/3/2016) leb­ih cepat mengeluhkan rasa sakit di kakinya. Hasil pemeriksaan medis kemudian mengungkap bahwa otot di betis pemain asal Argentina itu mengalami pem­bengkakan.

Juve memutuskan untuk meninggalkan Dybala di Tu­rin dan memantau kondisinya jelang laga derby melawan Tori­no di Serie A akhir pekan nanti.

Sementara itu, Marchisio juga merasakan sakit di betis kirinya saat sesi latihan hari Senin. Dari hasil tes yang di­lakukan kemarin malam, dik­etahui bahwa otot gelandang berusia 30 tahun itu mengalami robek. Marchisio diperkirakan akan menepi selama 20 hari.

Absennya Dybala dan Marchisio menjadi kerugian bagi Juve. Dybala secara khusus tengah menunjukkan penampi­lan yang impresif. Penyerang berusia 22 tahun itu sudah mencetak 17 gol untuk Bianco­neri, termasuk bikin satu dari dua gol yang menyelamatkan Juve dari kekalahan saat men­jamu Bayern. (*/Net)

============================================================
============================================================
============================================================