Untitled-8Ada yang menarik dari kegiatan pe­nanaman pohon di SMPN 2 Kota Bogor, Kamis (17/3/2016). Kali ini, kegiatan menanam yang dilakukan se­cara rutin setiap hari oleh Tim Bogor Hejo disambut meriah oleh duta-duta lingkungan SMPN 2 Kota Bogor.

RICKY ISKANDAR
[email protected]

Hadir dalam acara pena­naman Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Ketua Ko­sgoro 57 Kota Bogor Samsul Hi­dayat, para relawan Bogor Hejo Yuniar, Tato Marsito, Indra, dan Amalia Dian yang juga pe­mandu kuis pohon Bogor Hejo.

Kepala SMPN 2 Kota Bo­gor Sukmana yang baru dua bulan bertugas menyambut kehadiran Wakil Ketua DPRD ini. Dalam amanatnya, Heri mengatakan bahwa menanam adalah bagian terpenting bagi kehidupan umat manusia, untuk memperbaiki kualitas hidup kita.

”Kita tahu bahwa Kota Bogor makin tertekan oleh laju pertumbuhan pemban­gunan yang masif. hal ini mengubah dan menyebabkan berkurangnya vegetasi tana­man yang berakibat menurun­nya cadangan air, ketersediaan udara segar, dan juga mening­katnya suhu Kota Bogor,” kata Heri yang juga sarjana kehu­tanan IPB ini.

BACA JUGA :  Kecelakaan Truk Trailer di Surabaya Lindas Suami Istri Hingga Tewas

Dengan kegiatan mena­nam pohon setiap hari, menu­rut Heri, bisa memperbaiki kualitas hidup warga Kota Bogor, anak-anak kita. Mere­ka dimana pun sekolahnya, harus diajari utuk mengenal dan mencintai lingkungan, ka­rena antara manusia dan alam mempunyai hubungan keter­gantungan. ”Jangan sampai di benak anak-anak kita hanya diajarkan tentang iptek dan pelajaran sekolah, tetapi tidak diajari tentang kesadaran akan lingkungan” katanya.

Menurut Heri, semua pihak punya tanggung jawab untuk menyiapkan generasi muda sebagai orang-orang yang bi­jaksana dalam memperlaku­kan alam semesta. ”Kita tahu bahwa Kota Bogor ini harus kita rawat bersama-sama agar kita bisa merasa nyaman ting­gal di dalamnya,” katanya.

Kepala SMPN 2 Kota Bogor Rusmana menyampaikan hal serupa, bahwa menanam po­hon sangat penting. ”SMPN 2 Kota Bogor sangat mendukung kegiatan yang positif ini. Dan, tentu saja jika ada kegiatan se­rupa SMPN 2 Kota Bogor siap berpartisipasi dengan menu­runkan siswa duta lingkungan untuk ikut serta,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wajib Tahu Ini, 6 Manfaat Jahe Merah bagi Tubuh

Kegiatan menanam ditutup dengan kuis yang diiukuti oleh sekitar 100 Duta Lingkungan siswa SMPN 2 Kota Bogor dan para guru guru. Beberapa had­iah disiapkan berupa buku, payung, beras, dan paket sem­bako dari Founder dan Ketua Yayasan Indra Surya Ayu B Nurdin, dari Linda Kristanti Nussy SH (BRI Dewi Sartika) dan donatur yang tak mau dis­ebut namanya.

Kuis yang dipandu Amel, panggilan Amalia Dian, se­lalu menghidupkan sesi edu­kasi pohon versi Bogor Hejo. Mereka selalu antusias dan berlomba-lomba menunjuk­kan pengetahuannya tentang pohon. Pada kesempatan ini, Amel juga memberi kesem­patan kepada guru untuk ikut berpartisipasi menjawab kuis pohon. (*)

============================================================
============================================================
============================================================