Honda-Brio-AmazeTAK banyak yang tahu jika Honda Brio tak hanya memiliki bentuk city car saja, seperti yang dipasarkan di Indonesia. Di sejumlah negara, Honda Brio juga ada yang memiliki tubuh sedan. Di India, mobil ini diberi nama Amaze.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Jika dilihat dengan seksama, bagian depan hingga dua per tiga ke arah belakang tampak sama dengan Brio versi city car. Namun bagian buritan, terlihat memiliki ekor seperti sedan. Beber­an wujud facelift Brio baru saja dirilis oleh Honda Car India belum lama ini. Versi sedan Brio Amaze yang memang cukup tenar di Negeri Bollywood tersebut kini menyuguh­kan kesegaran desain di sektor penampilan eksteriornya.

Gubahan paling kentara di fisik salah satu sedan Honda ini ada di segi tampilan­nya. Menyuntikkan kesan modern yang kian kental, bagian depan nampak lebih tegas dihiasi bumper dan grille baru, three-piece air intakes, serta garnish chrome tebal yang menggaris di antara kedua headlamps.

Agar lebih sesuai dengan selera kon­sumen, total ada tujuh pilihan Honda Brio Amaze Facelift yang disediakan. Yakni Bluish Titanium Metallic, Alabaster Silver MEtallic, Urban Titanium Metallic, Golden Brown Metallic, Carnelian Red Pearl, Orchid White Pearl dan Taffeta White.

Sementara atmosfer penuh kesegaran dan kenyamanan dalam kabin tersaji oleh penyematan dashboard duo tone serupa milik BR-V dan Mobilio, new instrument cluster with MID, automatic climate control dan new 2-DIN Bluetooth enabled music system.

Tak ada perubahan di sisi mekanika da­pur pacu yang diusung Honda Brio Amaze Facelift ini. Mesin i-VTEC 1.2 liter dan i-DTEC 1.5 liter tetap tersedia dengan pilihan trans­misi manual 5-percepatan untuk kedua var­ian mesin, baik bensin maupun diesel.

Kecuali untuk varian me­sin bensin bertransmisi otomatis, seka­rang mengadopsi generasi terbaru Hon­da Earth Dreams CVT dengan transmisi G-Design Shift.Varian yang lebih tinggi dari Amaze mendapatkan sistem musik touch­screen dan dilengkapi sistem kontrol iklim otomatis yang baru. Sementara model yang lebih rendah mendapatkan sistem audio 2-DIN baru dengan konektivitas bluetooth.

Seperti sebelum ini, Brio di India dise­matkan mesin 1.2 liter i-VTEC dan diesel 1.5 liter i-DTEC. Mesin yang ditawarkan adalah mesin dengan 5 percepatan dan Earth Dreams Tech G-Design Shift CVT yang menggantikan sistem transmisi otomatis. Untuk varian diesel hanya ada sistem trans­misi manual.

Harga yang ditawarkan bermula INR 5.29 lakhs (RM32,483) hingga INR 8.19 lakhs (RM50,252) atau kira-kira 145 juta rupiah.

Selepas Brio Amaze diperkenalkan, den­gan cerita varian hatchback pula akan me­nyusul kemudian, termasuk bagi pasaran Thailand dan Indonesia.

(/net)

============================================================
============================================================
============================================================