pc-010-en2815DI ajang Milan Design Week 2016, Toyota akan menghadirkan sesuatu yang berbeda yaitu sebuah mobil dengan bahan bodi yang tak biasa . Pabrikan automotif Jepang ini meng­hadirkan sebuah unit mobil roda em­pat dengan atap terbuka (roadster) dengan bodi berbahan kayu.

Seperti dilansir dari Carscoops, mobil unik ini diberi nama Setsuna yang merupakan hasil perkawinan antara Toyota dengan Sumitomo Forestry, yaitu tempat banyak ahli kayu. Mereka dilibatkan dalam proses pengembangan Setsuna, dan juga tu­rut serta membantu dalam melakukan pemilihan kayu bahan yang sesuai.

“Dengan menggunakan kayu seb­agai bahan utama, ini membuat kami menuangkan banyak waktu bersama para rekan kerja. Kami membuat prototipe dan mengevaluasi Setsuna, hingga mobil ini bisa menawarkan performa, dalam bentuk rasa nya­man dalam berkendara,” Ujar Kenji Tsuji, penanggung jawab proyek pembuatan Setsuna.

Pada bodinya terdiri dari 85 panel kayu yang merupakan asli buatan tangan. Tampilannya sengaja dibuat terkesan sebagai mobil tua, untuk hal ini menggunakan teknik tradisional ala Jepang, seperti oku­nari (pemasangan panel kayu tanpa menggunakan paku) pada proses pembuatannya.

Agar desainnya terlihat menarik, Toyota mengkombinasikan beberapa komponen berbahan alumunium pada beberapa bagian, seperti penutup roda (wheel cap), ruda ke­mudi serta pada frame bangkunya.

Pada interiornya Toyota me­nyematkan model jam yang tidak hanya menunjukkan jam dan menit saja tetapi juga menunjukkan tahun, tapi akan menjadi pengingat status khusus dari Setsuna. Ini merupakan inovasi dari Toyota ditengah kecang­gihan produk masa depan.

(hilman/net)