2016-toyota-mirai_100489839_hReputasi mobil Toyota memang tidak diragukan lagi, apalagi untuk produknya yang bernama Toyota Mirai. Baru-baru ini Toyota Mirai berhasil memenangkan penghargaan sebagai World Green Car 2016 yang diadakan di New York International Auto Show.

Oleh : HILMAN SEPTIAN
[email protected]

Bill Fay selaku kelompok wakil presiden dan gen­eral manager divisi Toyota menjelaskan bahwa, “Sama seperti Prius mengubah dunia hampir 20 tahun yang lalu, Mirai bertenaga hidrogen siap untuk mem­buat sejarah. Dengan lebih dari 300 mil per tangki, waktu pengisian bahan ba­kar di bawah lima menit, dan emisi yang hanya terdiri dari uap air, Mirai adalah mobil terkemuka dunia yang maju menuju masa depan yang lebih baik”, tutur Fay.

Toyota Mirai merupakan pilihan dari daftar 8 kendaraan baru di seluruh du­nia. Pemilihan Toyota Mirai ini didasar­kan dari beberapa faktor diantaranya yaitu emisi knalpot, konsumsi bahan bakar, dan penggunaan teknologi pem­bangkit listrik canggih utama (di luar mesin componentry) yang ditujukan khusus untuk meningkatkan tanggung jawab lingkungan kendaraan.

Penghargaan ini bukan merupak­an penghargaan World Program Car Awards yang pertama kali diterima oleh Toyota, karena sebelumnya Toyota Pri­us (2010) juga pernah memenangkan penghargaan sebagai “Top Three in the World” untuk kedua status World Green Car dan World car of the Yesar. Selain itu, Toyota GT86 juga pernah men­jadi “Top three in the world” finalis un­tuk World Car of the Year pada tahun 2013 dan Toyota iQ di tahun 2009 dengan kat­egori yang sama. Untuk Hybrid Toyota Harrier pada tahun 2006 juga pernah meraih penghargaan sebagai World Green Car.

Keberhasilan yang diraih oleh Toyo­ta ini merupakan bukti bahwa Toyota merupakan salah satu merk kendaraan terbaik di dunia. Karena tidak sedikit merk-merk kendaraan lainnya yang juga ikut serta menjadi peserta dalam ajang yang diadakan di New York Interna­tional Auto Show.

Puluhan mobil dari berbagai merk tersebut sebelumnya telah menjalani pengujian dan hanya mobil-mobil yang dianggap memenuhi kualifikasi dan mendapat nilai baiklah yang berhak mengikuti tahap selanjutnya. Dan yang menentukan kemenangan ajang ini adalah adanya juri internasional yang terdiri dari 73 jurnalis otomotif ternama dari berbagai negara. (/net)

============================================================
============================================================
============================================================