BOGOR TODAY – Ribuan hama ulat bulu menyerang empat rumah warga di Jalan Abiasa 1, RT 02 RW 15, Kelurahan Bantar Jati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, kemarin. Hama ulat bulu tersebut menempel di dind­ing rumah, pagar, hingga di jalan-jalan sekitar rumah warga.

Salah seorang warga, Ab­dul Karim (57) mengatakan, ulat pertama kali menyerang pohon mangga yang berada di depan rumahnya sekitar dua minggu lalu. Ia juga menambahkan, ulat yang berada di pohon hanya beberapa saja, namun jumlahnya semakin bertambah. “Saat ini, ulat sudah memenuhi pohon dan terus men­empel di rumah-rumah, hingga ke jalan-jalan,” katanya.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

Selain dinding, ribuan ulat yang berwarna kecoklatan terse­but juga menempel di langit-langit rumah, pagar, hingga di sepeda motor milik warga yang tengah diparkirkan.

Kendati demikian, Ia menam­bahkan, hama ulat tidak menye­babkan gatal jika menempel di kulit. Namun warga sekitar men­jadi risih dengan keberadaan ulat yang hampir berada di seluruh sudut rumah.

“Sampai sekarang sih saya enggak merasa gatal. Cuma ya risih aja, juga panik karena takut ulat makin banyak lalu mengang­gu aktivitas,” jelasnya.

BACA JUGA :  Melahirkan di Kamar Kos, Siswi SMK di Kupang Sembunyikan Bayi Meninggal dalam Koper

Saat ini, warga sekitar sudah melaporkan kejadian tersebut ke ketua RW setempat juga ke pihak kelurahan dan berupaya memang­kas pohon mangga yang menjadi awal mula ulat tersebut berasal.

“Kami sudah laporkan ke pihak terkait. Untuk antisipasi sementara, kami tebang dulu pohon mangganya. Nanti kalau masih ada terus mau disemprot massal saja,” pungkasnya.

(Ab­dul Kadir Basalamah)

============================================================
============================================================
============================================================